Melunasi tagihan-tagihan utang dapat menjadi hal yang panjang, dan melelahkan. Tidak hanya menuntut secara finansial, namun utang juga mengganggu kestabilan emosional, sehingga dibutuhkan komitmen dan disiplin agar kita tidak tunduk pada utang dan terjatuh semakin dalam. Untuk itu, kita membutuhkan strategi pelunasan utang yang dapat membantu meringankan jalan kita. Salah satu dari beberapa strategi pelunasan utang adalah metode bola salju. Jika pernah menonton kartun awal film, kita dapat melihat bahwa bola salju awalnya berukuran kecil, namun lama-kelamaan membesar jika terus kita gelindingkan di hamparan salju. Nah, berawal dari observasi inilah strategi pelunasan utang bola salju terlahir. 

Belajar dari Bola Salju untuk Melunasi Utang, Memangnya Bisa

Apa Itu Metode Bola Salju? 

Metode pelunasan utang bola salju merupakan sebuah strategi pengurangan utang dimana kita membayarkan utang dimulai dari nominal terkecil hingga terbesar. Metode ini memungkinkan kita untuk meraih momentum pelunasan dari yang paling mudah untuk dilunasi. Dengan begitu, kita dapat secara cepat mengalihkan dana pembayaran utang yang sudah lunas (utang terkecil) untuk pelunasan utang terkecil selanjutnya. Selain itu, strategi pelunasan utang menggunakan metode ini juga memberikan pondasi dan struktur terhadap metode pelunasan utang yang kita lakukan. Seiring dengan semakin terkumpulnya dana-dana pembayaran tagihan karena telah terbayarnya utang yang kecil-kecil, kita dapat mulai berfokus pada utang-utang dengan nominal besar yang, harapannya, akan mempercepat proses pelunasan utang secara keseluruhan.  

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang berutang merasa bahwa keberhasilan menyelesaikan utang-utang kecil memberikan pengaruh lebih besar terhadap kesuksesan pelunasan utang keseluruhan dibandingkan dengan jumlah uang yang dimiliki.  Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan seseorang dalam melunasi pinjaman-pinjaman kecil dapat membantunya tetap fokus dalam menjalan rencana pelunasan utang.  Dengan kata lain, metode bola salju dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi dalam melunasi utang-utang kita secara keseluruhan. 

Bagaimana caranya?

Metode pelunasan bola salju mengajak kita berfokus pada pelunasan-pelunasan skala kecil. Untuk itu, terhadap beberapa saran yang dapat diberikan jika Anda tertarik untuk memulai menggunakan metode bola salju sebagai strategi pelunasan: 

  1. Buat daftar utang dengan berbagai informasi, seperti total utang, cicilan per bulan, tanggal jatuh tempo; 
  2. Urutkan daftar tersebut berdasarkan jumlah total utang dari yang terkecil hingga terbesar;
  3. Fokuskan menabung dan pembayaran terhadap utang dengan nominal terkecil. Sebisa muingkin untuk memfokuskan segala dana berlebih kepada pelunasan utang utang ini -tanpa mengorbankan dana untuk kebutuhan sehari-hari;
  4. Teruskan untuk menggunakan dana berlebih per bulannya untuk melunasi utang terkecil hingga utang tersebut lunas. Setelah lunas, ulangi langkah tersebut untuk utang terkecil berikutnya hingga pada akhirnya semua utang berhasil terlunasi. 

Dengan berfokus dalam melunasi utang-utang kecil, metode bola salju dapat berdampak besar terhadap kondisi mental orang-orang yang ingin melihat adanya progres cepat dalam melunasi utang-utang mereka. Meskipun utang-utang yang telunasi relatif lebih kecil dibangkan utang-utang lain, keberhasilan tersebut menimbulkan perasaan kepercayaan diri terhadap diri sendiri dan membuat pelunasan utang-utang terasa lebih ringan untuk dijalankan karena kita secara perlahan membangun momentum yang lebih dalam melunasi utang-utang yang lebih besar. 

Referensi:

O’Shea, B., dan Pyles, S., “How to Use Debt Snowball to Pay Off Debt”. Nerdwallet. February 22, 2023. https://www.nerdwallet.com/article/finance/what-is-a-debt-snowball, diakses pada 2 Agustus 2023. 

“The Debt Snowball Method: What It Is and How It Works”. Capital One . April 23, 2023. https://www.capitalone.com/learn-grow/money-management/debt-snowball-method, diakses pada 2 Agustus 2023.

Share This