Kredit Bijak Karyawan adalah strategi keuangan yang dapat digunakan peminjam untuk menyederhanakan pelunasan utang mereka dan sekaligus menghemat uang, tapi bagaimana cara mendaftar? Kredit ini memberikan pinjaman baru untuk melunasi beberapa pinjaman lain yang sudah ada yang memiliki bunga lebih tinggi.

cara mendaftar kredit

Bagaimana Cara Kerja Kredit Bijak Karyawan?

Anda mengajukan pinjaman baru dan menggunakan uang tersebut untuk melunasi utang-utang lama. Dengan demikian, Anda hanya akan mempunyai satu pinjaman saja. Cara ini lebih menghemat pengeluaran bulanan Anda karena biaya tagihan Kredit Bijak Karyawan akan lebih rendah dari total semua tagihan bulanan utang-utang Anda saat ini. Selain itu, Kredit Bijak Karyawan juga menyederhanakan pembayaran tagihan. Anda tidak akan pusing lagi dengan jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda.

Kelebihan Kredit Bijak Karyawan

  1. Satu pembayaran bulanan: Kredit Bijak Karyawan memberi Anda satu tanggal jatuh tempo untuk direncanakan dan diingat. 
  2. Cicilan Terjangkau: Dengan cicilan mulai dari Rp2 juta per Rp100 juta pinjaman, Kredit Bijak Karyawan menawarkan kemudahan pembayaran sesuai kemampuan finansial.
  3. Pinjaman Tanpa Agunan hingga Rp1,5 Miliar: Kredit Bijak Karyawan memberikan akses pinjaman tanpa memerlukan agunan dengan batas maksimal mencapai Rp1,5 Miliar.
  4. Tenor Pinjaman tanpa agunan hingga 5 Tahun: Fleksibilitas tenor hingga 5 tahun memberikan opsi pembayaran yang lebih panjang, memudahkan pelunasan tanpa memberatkan keuangan bulanan.
  5. Prinsip Syariah: Kredit Bijak Karyawan dijalankan dengan prinsip syariah, menjadikannya bebas dari riba, gharar, dan maysir.

Pertimbangan Sebelum Mengambil Kredit Bijak Karyawan

Sebelum mengajukan Kredit Bijak Karyawan, ada baiknya Anda menilai situasi utang untuk meningkatkan kesadaran finansial dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Anda dapat menilai situasi utang saat ini dengan cara berikut ini.

  1. Mendata utang Anda: Buat daftar lengkap semua utang Anda, termasuk pinjaman pokok, bunga dan tagihan bulanan.
  2. Mencari tahu riwayat kredit: Tidak semua orang dapat mengingat dengan jelas sudah berapa lama mereka menunggak pembayaran. Riwayat kredit mencatat kelancaran pembayaran tagihan yang Anda lakukan dalam bentuk kolektabilitas. Dengan demikian Anda bisa mengetahui berapa lama Anda sudah menunggak pembayaran, dan juga kolektabilitas. Kami sarankan untuk segera mengajukan Kredit Bijak Karyawan sebelum kolektabilitas Anda semakin buruk.
  3. Menghitung pengeluaran bulanan, termasuk biaya tagihan: Ini akan menunjukkan berapa banyak tagihan utang yang selama ini harus Anda bayar setiap bulan dan berapa sisa dari pendapatan yang Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya. Anda bisa membandingkannya dengan nominal tagihan baru dari Kredit Bijak Karyawan dan menilai apakah benar-benar menjadi lebih ringan.
  4. Membuat tujuan keuangan yang relevan: Setelah melakukan 3 hal di atas, inilah saatnya untuk membuat tujuan keuangan yang relevan. Dengan tagihan dan pengeluaran yang lebih ringan, Anda mempunyai dana lebih untuk memenuhi kebutuhan penting lainnya.

Apakah Kredit Bijak Karyawan Solusi yang Tepat?

Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Situasi utang masing-masing orang berbeda-beda, begitu juga dengan tujuan keuangannya. Dengan demikian strategi pelunasan utangnya pun tergantung pada situasi dan tujuan tersebut. Jika Anda memiliki lebih dari satu utang, Kredit Bijak Karyawan adalah opsi yang memungkinkan Anda menggabungkan semua utang menjadi satu pembayaran dengan biaya yang lebih rendah. Anda juga berkesempatan mendapatkan pinjaman baru serta kenyamanan karena tidak perlu mengelola banyak pembayaran utang.

Akan tetapi, Kredit Bijak Karyawan adalah solusi yang tepat apabila Anda menerima 3 hal di bawah ini.

1. Biaya yang Lebih Rendah

Kredit Bijak Karyawan dapat membantu mengurangi keseluruhan jumlah bunga yang Anda bayarkan. Ini bisa menjadi keuntungan besar jika Anda memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat untuk mendapatkan tagihan yang lebih rendah daripada gabungan utang Anda yang lain. 

Misalnya, jika Anda memiliki saldo pada dua kartu kredit dengan bunga masing-masing 22% dan 20%, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menggabungkannya dengan Kredit Bijak Karyawan dengan bunga yang lebih rendah (misalnya 10%).

2. Menyederhanakan Pembayaran

Selain beban emosional yang timbul karena memiliki banyak utang, mengatur tanggal jatuh tempo dan bunga yang tinggi dapat mempersulit keuangan Anda sehari-hari.

Misalnya, Anda punya kartu kredit dengan tagihan bulanan minimal Rp 2,8 juta per bulan dengan jatuh tempo pada tanggal 12 setiap bulan. Anda mungkin juga memiliki pinjaman online dengan tagihan Rp 1,3 juta yang jatuh temponya setiap tanggal 20. Selain itu Anda masih punya KTA dengan tagihan 1,7 juta yang jatuh tempo setiap tanggal 27. Pembayaran yang berulang-ulang, tanggal jatuh tempo serta metode pembayaran yang berbeda-beda dapat membuat Anda pusing dan lupa.

Kredit Bijak Karyawan dapat membantu Anda menyederhanakan utang dengan satu pembayaran bulanan yang sederhana. Dengan demikian, Anda meminimalisir risiko terlambat membayar dan terlilit utang.

3. Stop Mengambil Utang Baru Setelah Mendapatkan Kredit Bijak Karyawan

Kredit Bijak Karyawan akan terasa manfaatnya jika Anda siap melakukan untuk tidak mengambil utang baru. Berbeda dari gali lubang tutup lubang yang membuat Anda terus mengambil pinjaman-pinjaman baru, Kredit Bijak Karyawan bertujuan untuk menyelesaikan semua utang Anda dengan satu pinjaman baru, yang mana setelah pinjaman Kredit Bijak Karyawan ini lunas, maka Anda akan hidup bebas dari utang.

Jadi setelah mendapatkan Kredit Bijak Karyawan, Anda harus berkomitmen untuk berhenti mengambil utang baru dan tidak tergoda untuk menjalankan gaya hidup konsumtif.

Cara Mendaftar Kredit Bijak Karyawan

Untuk cara mendaftar Kredit Bijak Karyawan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Kunjungi laman https://lp.amalan.com/id-kredit-bijak-karyawan/ dan klik tombol “DAFTAR SEKARANG” yang berwarna kuning.
  2. Isi semua pertanyaan dan lakukan sesuai petunjuk
  3. Setelah mendaftar, tunggu hingga seorang Credit Advisor menghubungi Anda. Advisor akan melakukan analisis riwayat atau laporan kredit Anda untuk menemukan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan Anda.
  4. Jika solusi yang ditawarkan sesuai, Anda akan diminta untuk menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut akan digunakan dalam proses pengajuan Kredit Bijak Karyawan.
  5. Setelah dokumen diterima, pihak bank akan memproses pengajuan Anda. Anda hanya perlu menunggu pemberitahuan mengenai persetujuan atau penolakan Kredit Bijak Karyawan.
  6. Jika pinjaman disetujui, Anda akan dimintai menandatangani beberapa dokumen. Tetapi sebelum tanda tangan, lihat terlebih dulu apakah tagihan bulanan Anda menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Jika setuju dengan tagihan bulanan yang baru, silahkan Anda membubuhkan tanda tangan.
  7. Setelah tanda tangan, Anda akan menerima dana segar dari Kredit Bijak Karyawan. Gunakan dana tersebut untuk melunasi seluruh utang Kartu Kredit, KTA, Pinjol, KPR, hingga KMG yang Anda miliki.

Kredit Bijak Karyawan diperuntukkan bagi siapa saja yang memiliki lebih dari satu utang dan tertarik untuk melunasi utang lebih mudah dan mengurangi risiko terlambat membayar. Dengan disiplin dan komitmen untuk tidak menambah utang lagi, Kredit Bijak Karyawan dapat membantu Anda melunasi utang dengan lebih ringan dan mudah.

Share This