Penyelesaian utang adalah salah satu metode pelunasan utang di mana Anda atau perusahaan yang Anda sewa bernegosiasi dengan pihak kreditur untuk mengurangi jumlah utang Anda. Istilah penyelesaian utang kadang digunakan untuk merujuk pada negosiasi utang atau resolusi utang—tapi sebenarnya semuanya itu merujuk pada bagian dari proses penyelesaian utang.

Penyelesaian utang adalah salah satu jenis layanan amalan. Faktanya, amalan adalah perusahaan jasa penyelesaian utang satu-satunya di Indonesia yang tercatat di OJK dan telah melayani ribuan kasus utang sejak berdiri pada tahun 2015. Melalui layanan ini, amalan telah mengelola lebih dari Rp50 milyar utang. Namun, seperti halnya solusi utang lainnya, penyelesaian utang juga memiliki pro dan kontra, yang akan dibahas di artikel ini.

Cara Kerja Penyelesaian Utang

Bagian penting dari proses penyelesaian utang adalah negosiasi utang. Negosiasi utang adalah saat di mana kreditur menyetujui jumlah pengurangan utang Anda untuk “menyelesaikan” utang dengan jumlah yang lebih kecil. Ini adalah proses yang sangat wajar bagi kreditur dan perusahaan manajemen utang. Banyak kreditur sering menyetujui penyelesaian utang dengan jumlah yang lebih kecil. Kreditur Anda mungkin termasuk salah satunya.

Anda dapat mencoba bernegosiasi dan menyelesaikan utang Anda sendiri, jika Anda memiliki waktu dan skill negosiasi yang diperlukan. Jika Anda ingin mencoba cara ini, Anda hanya perlu menghubungi kreditur Anda secara langsung, bernegosiasi dengan mereka untuk mengurangi utang Anda, dan mendapatkan kesepakatan tertulis yang menguraikan syarat-syarat negosiasi.

Bernegosiasi dengan kreditur bisa menjadi proses yang panjang dan melelahkan. Itu sebabnya banyak orang beralih ke perusahaan manajemen utang profesional seperti amalan untuk meminta bantuan. Dengan banyak konsultan profesional yang berpengalaman sukses bernegosiasi dengan kreditur, kami dapat mewakili Anda untuk melakukan negosiasi dengan lebih efektif dan lebih efisien.


Bersama amalan, klien memulai proses penyelesaian utang dengan membuka rekening khusus yang ditujukan untuk menabung dana pelunasan (Rekening Dana Pelunasan, atau disingkat RDP). Tabungan ini pada akhirnya akan digunakan untuk membayar penyelesaian utang yang akan disepakati dengan kreditur klien. Sementara itu, saat klien menabung dana, kami membuat strategi negosiasi berdasarkan gabungan berbagai kreditur dan jumlah utang untuk memaksimalkan proses penabungan dana yang dilakukan klien.

Seperti perusahaan manajemen utang lainnya, amalan menerima pembayaran untuk layanan negosiasi ini. Besaran biayanya tergantung dari persentase jumlah total utang yang terdaftar dalam program penyelesaian utang.

Setelah negosiasi selesai dan kreditur menyetujui penyelesaian utang dengan jumlah yang lebih rendah, amalan segera menghubungi klien untuk meminta persetujuan. Setelah klien juga menyetujui, pembayaran utang akan diproses ke kreditur dari Rekening Dana Pelunasan (RDP). Di beberapa kasus, penyelesaian utang dapat dilakukan dengan satu pembayaran sekaligus. Tapi di kasus-kasus lainnya, mungkin dilakukan secara bertahap dari waktu ke waktu. Ketika pembayaran selesai, utang dianggap selesai oleh kreditur, dan layanan penyelesaian berakhir.

Jenis Utang yang Memenuhi Syarat untuk Penyelesaian Utang

Biasanya hanya utang tanpa jaminan yang memenuhi syarat untuk pengajuan penyelesaian utang. Ini artinya utang tersebut tidak terikat pada aset, seperti mobil atau rumah. Contohnya adalah:

  • Utang kartu kredit
  • Utang kartu kredit department store
  • Utang pinjaman pribadi

Penyelesaian utang tidak bisa diaplikasikan untuk beberapa jenis utang, seperti utang dengan agunan, yang merupakan utang yang dijamin dengan aset berwujud. Contoh utang yang biasanya tidak bisa dinegosiasikan antara lain:

  • Kredit kendaraan bermotor
  • Hipotek
  • Pinjaman pemerintah
  • Tagihan utilitas
  • Pajak jatuh tempo

Setiap pilihan untuk keluar dari utang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika metode penyelesaian utang ini cocok untuk Anda, silahkan pelajari lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan Penyelesaian Utang

  1. Menyelesaikan semua utang yang terdaftar di program penyelesaian utang

Penyelesaian utang tidak hanya memindahkan utang dengan suku bunga tinggi ke utang dengan suku bunga rendah. Penyelesaian utang juga meringankan pokok utang Anda sehingga Anda dapat menyelesaikannya lebih cepat.

  1. Merampingkan utang menjadi satu pembayaran bulanan

Anda menabung setoran bulanan ke Rekening Dana Pelunasan (RDP) sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Anda dapat menyetor dalam jumlah yang lebih sedikit dari pembayaran minimum pada kartu kredit Anda atau pembayaran bulanan pada pinjaman lain.

  1. Biaya lebih rendah daripada cara lainnya

Biaya yang Anda keluarkan untuk penyelesaian utang biasanya lebih murah daripada total pinjaman Anda, karena pinjaman membebankan bunga untuk utang Anda. Bahkan biayanya masih lebih murah daripada jika Anda melakukan pembayaran minimum payment.

  1. Mendorong kebiasaan mengelola uang yang lebih baik

Perusahaan manajemen utang yang baik akan membantu klien belajar mengelola keuangan, dan mempraktekkan tips-tips finansial dalam hidup sehari-hari. Banyak orang juga mendapatkan manfaat dari kedisiplinan dalam melakukan penabungan rutin ke RDP.

Kekurangan Penyelesaian Utang

  1. Mempengaruhi laporan dan skor kredit

Proses penyelesaian utang mengharuskan Anda untuk tidak melakukan pembayaran apapun pada pinjaman Anda. Ini perlu dilakukan supaya kreditur bersedia bernegosiasi. Tapi tidak semua orang bersedia melakukan ini karena akan berdampak negatif pada laporan dan skor kredit.

  1. Panggilan kreditur atau agen penagihan

Karena Anda sudah jatuh tempo, kreditur akan terus menghubungi Anda. amalan menawarkan layanan Secretary Service untuk menangani panggilan telepon ini. amalan membebaskan klien untuk memakai layanan ini atau tidak.

  1. Resiko tindakan hukum

Beberapa kreditur dapat mengancam dan benar-benar mengambil tindakan hukum agar Anda kembali melakukan pembayaran. Perusahaan manajemen utang yang baik akan membantu kliennya jika hal ini terjadi.

Kapan Penyelesaian Utang Menjadi Solusi yang Tepat?

Penyelesaian utang bukanlah solusi yang tepat untuk orang yang memiliki utang tanpa jaminan dengan nilai kurang dari Rp10 juta.

Penyelesaian utang juga bukan solusi yang tepat bagi orang yang ingin mempertahankan riwayat dan skor kredit yang baik. Dalam proses penyelesaian utang, Anda harus merelakan riwayat dan skor kredit Anda menjadi buruk sebelum pada akhirnya membaik lagi.

Program penyelesaian utang tepat untuk orang-orang yang:

  • Punya utang tanpa jaminan yang berbunga tinggi dengan nilai lebih dari Rp10 juta dan kesulitan membayarnya
  • Tidak mampu membayar tagihan bulanan
  • Mengalami kesulitan—perceraian, pasangan meninggal, kehilangan pekerjaan, atau biaya pengobatan tak terduga—yang tidak memungkinkan untuk menyisihkan sebagian uang untuk membayar utang
  • Mencari solusi yang terjangkau dan yang membantu melunasi utang, bukan yang menyatukan semua utang ke pinjaman baru (gali lubang tutup lubang)

Perusahaan Penyelesaian Utang

Negosiasi penyelesaian utang bisa memakan banyak waktu dan membuat frustasi. Itu sebabnya banyak orang mencari jasa penyelesaian utang. Kebetulan, saat ini amalan adalah satu-satunya perusahaan manajemen utang yang menyediakan layanan ini secara profesional dan sudah tercatat di OJK.

Jika Anda ingin bertanya-tanya mengenai program penyelesaian utang, kami akan dengan senang hati menjawabnya. Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan profesional kami secara gratis. Jadi jika pada akhirnya Anda memilih untuk bergabung dengan amalan, Anda sepenuhnya yakin bahwa Anda sudah membuat keputusan yang tepat.

Konsultasi gratis ini tersedia di setiap hari dan jam kerja. Silahkan hubungi kami di 021-50851172.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dari Jasa Penyelesaian Utang

Saat Anda mencari jasa penyelesaian utang, penting untuk mengetahui bagaimana jasa tersebut bekerja. Tidak semua jasa penyelesaian utang memiliki pengalaman dan rekam jejak yang cukup untuk mendapatkan hasil terbaik bagi klien. Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan saat memilih jasa penyelesaian utang.

  1. Jam terbang

Nilai penyelesaian utang terletak pada kualitas dan efektivitas negosiasi. Semakin baik negosiasi yang dilakukan, maka semakin rendah pula nilai utang yang harus Anda selesaikan. Jasa penyelesaian utang yang punya jam terbang tinggi dalam menegosiasikan utang berarti punya skill dan pengetahuan yang lebih luas.

  1. Komunikasi terbuka

Orang yang bekerja di jasa penyelesaian utang harus siap dan mampu menjawab pertanyaan apapun tentang bagaimana prosesnya, apa yang akan Anda dapatkan, dan berapa biayanya. Waspadalah terhadap jawaban yang tidak jelas. Transparansi tentang proses penyelesaian utang itu sangat penting. Program penyelesaian utang adalah komitmen yang akan menghabiskan waktu beberapa tahun. Tentunya Anda ingin diyakinkan bahwa Anda bekerja dengan jasa yang bisa membantu dan akan selalu ada untuk Anda ketika Anda mempunyai pertanyaan.

  1. Klien yang bahagia

Carilah ulasan terpercaya untuk mengetahui bagaimana rasanya menjadi klien di jasa penyelesaian utang tersebut. Tetapi jangan mudah percaya pada ulasan-ulasan yang panjang dan kelihatannya objektif. Carilah kata dan frasa seperti “konten bersponsor” atau “iklan”, atau disclaimer yang menunjukkan ulasan tersebut adalah ulasan bayaran. Waspadalah juga jika jasa tersebut tidak tercatat di OJK. Sebagai lembaga negara yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan, sangat aneh rasanya jika jasa tersebut tidak tercatat di OJK.

  1. Konsultan terlatih

Konsultan yang bekerja di jasa penyelesaian utang harus terlatih dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda seputar masalah utang.

  1. Keanggotaan dalam organisasi manajemen utang profesional

IAPDA (International Association of Professional Debt Arbitrators) menyediakan program pelatihan dan sertifikasi kepada jasa layanan penyelesaian utang. Program ini memberikan orientasi dan pelatihan mengenai manajemen utang yang diperlukan oleh staf dan konsultan. 

Apabila sebuah jasa layanan manajemen utang tidak masuk dalam keanggotaan organisasi profesional di bidangnya, maka jasa layanan tersebut belum dapat dipercaya sepenuhnya. Calon klien dapat dengan mudah memverifikasi keanggotaan IAPDA dan status sertifikasi dengan pencarian online berdasarkan nama, perusahaan dan kota di website resmi IAPDA.

Uji Kelayakan Jasa Penyelesaian Utang dengan Pertanyaan-pertanyaan ini

Cara sebuah perusahaan jasa menanggapi pertanyaan Anda akan membantu Anda menilai integritas, pengalaman, dan pelayanan yang akan Anda dapatkan. Untuk mengetahui apakah jasa penyelesaian utang tersebut benar-benar dapat membantu Anda menyelesaikan masalah utang, tanyakan empat pertanyaan penting berikut ini:

  1. Berapa biaya program setiap bulan?
  2. Berapa biaya negosiasi program?
  3. Berapa banyak kreditur yang sudah menyetujui hasil negosiasi Anda?
  4. Di mana saya dapat membaca ulasan klien yang bukan ulasan bayaran?

Jika Anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan di atas dan mendapatkan jawaban yang tidak jelas, pikirkan baik-baik apakah Anda akan nyaman bekerja sama selama 2-4 tahun dengan perusahaan tersebut. Percayalah pada insting Anda saat merencanakan penyelesaian utang. Jika firasat Anda mengenai perusahaan tersebut tidak baik, kemungkinan besar perusahaan tersebut tidak cocok untuk Anda.

Ambil Langkah Selanjutnya

Program penyelesaian utang belum tentu menjadi solusi yang terbaik untuk semua orang. Program ini mengharuskan Anda untuk punya komitmen yang kuat untuk keluar dari utang, belajar mengelola uang, hidup sesuai kemampuan, dan merasa nyaman dengan skor kredit yang memburuk untuk sementara waktu. Tetapi bagi banyak orang, program ini dapat membantu menyelesaikan utang dan membangun fondasi keuangan yang kuat untuk kedepannya.

Jika menurut Anda penyelesaian utang mungkin cocok untuk Anda, hubungi kami di 021-50851172. Konsultan profesional kami siap menjawab pertanyaan Anda. Atau daftarkan diri Anda di amalia saat ini juga untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat.

Share This