Sudah mendengar tentang konsolidasi utang? Cara ini dipercaya sebagai solusi yang bisa Anda ambil agar dapat melunasi utang dengan lebih ringan. Intinya, Anda bisa menggabungkan beberapa jenis utang menjadi satu, lalu melunasinya dengan cicilan yang lebih rendah. Namun, bagaimana cara memilih program konsolidasi utang kartu kredit yang tepat?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ingat-ingat lagi apa itu definisi konsolidasi utang kartu kredit:

Definisi Konsolidasi Utang Kartu Kredit dan KTA

Pada dasarnya konsolidasi utang adalah langkah yang diambil untuk mempermudah Anda agar dapat melunasi gabungan beberapa jenis utang menjadi satu utang saja kepada sebuah lembaga pembiayaan selain bank (misalnya multifinance maupun perusahaan peer to peer lending).

Biasanya ada beberapa keuntungan konsolidasi utang kartu kredit atau KTA yang bisa Anda dapatkan. Pertama, Anda tidak perlu lagi repot-repot membayarkan utang secara terpisah kepada beberapa bank sekaligus. Jadi dengan melakukan konsolidasi utang, seluruh proses pembayaran berbagai utang kartu kredit atau KTA hanya dilakukan melalui satu pintu. Hal ini bisa menjadi sangat merepotkan, apalagi jika Anda adalah orang yang cukup sibuk. Selain itu keuntungan konsolidasi utang kartu kredit lainnya adalah dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan bunga normal. 

Ada dua jenis konsolidasi utang, yakni menggunakan agunan dan tidak menggunakan agunan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan bisa didapatkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh lembaga pembiayaan bukan bank. 

Kini, amalan bekerja sama dengan lembaga multifinance serta perusahaan peer to peer lending terpercaya di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya amalan dalam membantu klien kami dalam menuju hidup baru bebas utang, yang terintegrasi dalam program manajemen utang amalan. Berikut adalah dua jenis program konsolidasi utang yang tersedia di amalan:

Jenis Program Konsolidasi Utang

Konsolidasi dengan Agunan

Sesuai dengan namanya, konsolidasi utang dengan jenis ini dilakukan dengan menggunakan agunan. Pada kebanyakan kasus, biasanya jenis aset yang bisa diagunkan berupa properti, khususnya rumah tinggal. Pada kasus lain, Anda juga bisa memberikan mobil sebagai agunan. 

Untuk mengikuti program konsolidasi dengan agunan, utang yang masih berjalan bisa dalam keadaan tertunggak maupun lancar. Jadi, meskipun belum tertunggak Anda dapat mengambil langkah ini sebagai langkah preventif agar dapat melunasi utang dengan keringanan sementara masih memiliki dana. Bagi yang sudah tertunggak, amalan juga akan membantu melakukan proses negosiasi terlebih dahulu sebelum utang dikonsolidasikan. Sehingga, Anda bisa melunasi utang dengan lebih ringan lagi. 

amalan menyediakan program jenis ini dengan bekerja sama bersama beberapa lembaga multifinance ternama di Indonesia seperti BFI Finance dan Smart Finance, untuk membantu klien kami dalam mendapatkan program konsolidasi utang. 

Konsolidasi tanpa Agunan: Card Cutter dan Card Cutter Plus

Tentu saja jenis konsolidasi utang yang ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang memang tidak memiliki aset. amalan bekerja sama dengan sebuah perusahaan peer to peer lending ternama di Indonesia, KoinWorks, untuk memberikan program ini kepada klien kami. Sebagai salah satu perusahaan startup di bidang financial technology di Indonesia, tentunya Anda sudah mengenal KoinWorks sebagai perusahaan yang melayani pemberian pinjaman dengan bunga yang rendah. Ada dua jenis program konsolidasi tanpa agunan:

Card Cutter

Pada program jenis ini, Anda bisa mengonsolidasikan beberapa utang kartu kredit / KTA dengan minimal total 10 juta Rupiah. Pada program Card Cutter, kondisi utang biasanya belum tertunggak. Anda tidak perlu menggunakan agunan apapun, cukup mendaftarkan diri dalam program Card Cutter (dibantu dengan konsultan profesional amalan), lalu beberapa jenis utang akan digantikan menjadi satu utang baru. 

Card Cutter Plus 

Pada program jenis ini, Anda bisa mengonsolidasikan beberapa utang kartu kredit / KTA dengan minimal total 10 juta Rupiah. Bedanya, kondisi utang biasanya sudah tertunggak, lalu sebelum dikonsolidasikan menjadi satu, utang-utang tersebut akan melalui proses negosiasi terlebih dahulu agar mendapatkan potongan. Tentu ini akan membuat utang Anda menjadi lebih ringan lagi, dan lebih mudah untuk dilunasi. Sama halnya dengan Card Cutter, Anda juga tidak perlu menggunakan agunan apapun. Cukup mendaftarkan diri dalam program Card Cutter Plus (dibantu dengan konsultan profesional amalan).

Cara Memilih Program Konsolidasi Utang yang Tepat

Concept of important choices of a businesswoman.jpeg

Pilih Peminjam yang Memang Sudah Terdaftar OJK

Langkah pertama untuk mencari program konsolidasi utang adalah dengan memilih peminjam yang memang memiliki reputasi yang baik. Tolak ukur pertama tentunya dengan mengecek apakah peminjam tersebut terdaftar di OJK, sebab sebagai lembaga yang memiliki otoritas atas lembaga keuangan yang mengelola dana, tentu saja OJK akan melakukan seleksi terhadap anggota-anggotanya. 

Biasanya, peminjam yang terdaftar dalamOJK juga bisa lebih dipercaya akan kemampuannya dalam menjaga informasi dan data pribadi para calon peminjamnya. Belum lagi, untuk urusan keuangan yang bersifat pribadi, tentunya Anda tidak mau sembarangan orang mengakses data Anda, bukan? Beberapa jenis lembaga keuangan yang harus Anda cek namanya dalam OJK tidak terbatas pada bank, multi-finance (pembiayaan), maupun perusahaan peer to peer lending. 

Menunjukkan Anda Skema Pembayaran yang Jelas Sampai Pinjaman Berhasil Dilunasi

Setelah memilih peminjam yang menyediakan program konsolidasi utang, tentu saja Anda juga harus tahu bagaimana cara pendaftaran, serta melihat skema pembayaran yang akan Anda lakukan. Jika memang pembayaran cicilan misalnya dilakukan sampai 24 bulan ke depan (dua tahun), maka lihatlah apakah tabel tersebut memberikan perincian secara jelas, berapa besar nominal yang harus dibayarkan setiap bulan, beserta dengan bunganya. Dengan begitu, Anda bisa melihat jelas bagaimana perhitungannya dan apakah Anda cukup mampu untuk mengikuti program tersebut sampai selesai, agar masalah utang yang sedang berjalan juga bisa cepat selesai.

Cicilan per Bulan yang Dibayarkan Seharusnya Lebih Rendah Dibandingkan Cicilan Saat Ini

Saat Anda mengikuti program konsolidasi utang, salah satu yang patut diperhatikan adalah besarnya cicilan per bulan yang harus dibayarkan. Normalnya, cicilan per bulan harus lebih rendah dibandingkan cicilan yang Anda bayarkan saat ini. Anggap saja saat ini Anda memiliki dua kartu kredit dan satu KTA yang menunggak, jika diakumulasikan seluruh total utang tertunggak sebesar Rp100.000.000,- lalu cicilan per bulan yang harus dibayarkan secara kumulatif sebesar Rp10.000.000,- Namun, dengan program konsolidasi ini, nantinya ketiga jenis utang akan beralih menjadi satu jenis utang dengan salah satu perusahaan peer to peer lending terpercaya, dan Anda hanya perlu membayar lebih rendah, anggap saja hanya Rp300.000,- saja per bulannya sampai tenor yang sudah ditentukan dan tentunya lebih meringankan Anda. Tentu saja tidak semua skema akan berjalan seperti ini, bisa saja cicilan per bulan menjadi hanya Rp1.000.000,- atau bahkan lebih, namun yang pasti cicilan tersebut akan lebih rendah dibandingkan cicilan ke bank.

Suku Bunga yang Wajar dengan Biaya yang Masuk Akal

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah adanya suku bunga yang wajar. Normalnya, bunga yang dikenakan berkisar tidak lebih dari 3% per bulan. Penting untuk diingat bahwa meskipun persentase bunga cukup tinggi, biasanya cicilan per bulan dipastikan bisa lebih rendah karena dicicil dalam tenor waktu tertentu yang sudah disesuaikan oleh perusahaan peminjam (pemberi program konsolidasi utang). Selain itu, biasanya jika dikenakan biaya, seharusnya biaya yang dibayarkan untuk mengikuti program ini masih cukup masuk akal.  

Jaminan yang Masuk Akal

Saat mengikuti program konsolidasi utang, biasanya ada yang meminta jaminan dan ada yang tidak. Pada program amalan, salah satu jenis aset yang bisa dijaminkan misalnya rumah. Umumnya, jika Anda mampu menjaminkan rumah, bunga yang Anda dapatkan dalam cicilan biasanya bisa jauh lebih rendah. Jika memang tidak ada jaminan yang harus diagunkan, Anda juga harus memperhatikan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda dapat mengonsolidasikan utang Anda.

amalan international merupakan perusahaan manajemen utang berbasis teknologi pertama di Indonesia yang tercatat di OJK. amalan bekerja untuk peminjam dan bekerja sama mencari solusi terbaik dan terjangkau dengan pemberi pinjaman. Program manajemen utang amalan memanfaatkan teknologi dan data yang sah agar klien amalan bisa keluar dari jerat utang dengan lebih cepat, membayar bunga dan penalti yang lebih rendah. Selain program manajemen utang, amalan juga memiliki solusi refinancing yang mengganti utang lama yang memberatkan menjadi utang baru yang lebih ringan. Kantor amalan indonesia didirikan di Jakarta pada tahun 2015 dan telah berhasil membangun tim yang terdiri dari ahli restrukturisasi dan ahli IT dengan pengalaman puluhan tahun. Sejak Juli 2016, amalan indonesia menjadi perusahaan pertama di Asia yang mendapatkan akreditasi dari International Association of Professional Debt Arbitrators (IAPDA).

Share This