Tidak terasa, hanya dalam hitungan minggu kita akan memasuki bulan Ramadan. Bulan penuh berkah, sekaligus bulan penuh pengeluaran. Uniknya, justru di bulan ini jugalah bertabur berbagai promo kartu kredit yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan berbagai barang dengan harga yang jauh lebih mudah. Namun, di satu sisi Anda juga perlu berhati-hati, sebab jika tidak promo kartu kredit malah bisa menjadi bumerang. Alih-alih muncul sebagai solusi agar bisa semakin hemat, Anda malah semakin boros.

Promo Kartu Kredit di Bulan Ramadan

Dilansir dari Kontan, ada berbagai promo kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga lebih murah. Dari promo kartu kredit CIMB Niaga misalnya, bervariasi mulai untuk keperluan mudik yang bisa didapatkan di travel agent, hotel, serta kebutuhan pakaian serta kebutuhan rumah tangga dengan program cicilan 0%.

Pada promo kartu kredit BNI, Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik untuk berbagai produk di kategori travel, restoran, dan pakaian. Pada kategori dining tentunya akan sangat menguntungkan, terutama jika Anda berencana untuk melakukan acara bukber dengan keluarga maupun teman terdekat. Merchant yang diajak kerja sama dalam promo kartu kredit BNI juga cukup menarik, termasuk di antaranya Shaburi, Kintan, Pepper Lunch, Bakerzin, The Duck King, dan Fook Yew.

Sama halnya dengan promo kartu kredit UOB, bank satu ini juga memberikan promosi untuk segala jenis transaksi, mulai dari restoran, supermarket, travel agent, online shopping, dan sabagainya. Dengan promo kartu kredit UOB, Anda bisa menikmati promosi mulai dari diskon, produk gratis, hingga cicilan yang menarik. 

Menyiasati Promo Kartu Kredit Agar Tidak Boros

Setelah mengetahui berbagai promo yang tersedia dan cukup menarik, pertanyaan selanjutnya adalah apakah perlu menggunakan promo kartu kredit untuk belanja di bulan Ramadan? Bukankah hal ini bisa berujung pada pemborosan?

Pakai Seperlunya Saja

Banyaknya promosi menarik yang ditawarkan oleh berbagai bank di Indonesia menjelang momen Ramadan memang sangat menarik perhatian. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu impulsif menggunakan kartu kredit. Misalnya, kartu kredit yang Anda miliki bekerja sama dengan restoran tertentu yang sekiranya dapat memberikan potongan pada setiap kunjungan Anda. Namun begitu, bukan berarti Anda harus menaikkan frekuensi acara buka bersama, bukan? Bayangkan jika Anda tidak memilih dengan bijak, yang ada justru pengeluaran menjadi berlebihan. Padahal, Anda juga bisa saja melakukan acara buka bersama di rumah, atau di restoran lain yang pada dasarnya memiliki harga menu yang lebih murah. Hal ini berlaku juga pada pakaian maupun pengeluaran di bidang travel.

Cek Harga Aslinya dari Sekarang

Tidak jarang, beberapa merchant ada yang jahil menaikkan harga dasar terlebih dahulu, sehinga harga akhir yang dikenakan promo pun tidak jauh berbeda dengan harga awal produk. Memang tidak semua toko menggunakan cara jahil seperti ini, namun begitu sebagai tindakan preventif ada baiknya untuk mengecek harga produk yang memang ingin Anda beli dari sekarang, agar promosi yang ditawarkan dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Fokus Pada Barang yang Anda Butuhkan

promo kartu kredit_2

Meskipun ada banyak promosi yang bertebaran, tetap jangan mudah tergiur untuk berbelanja banyak produk. Anda wajib untuk fokus kepada produk yang memang dibutuhkan. Misalnya, Anda memang sudah menyiapkan dana untuk membeli tiket mudik ke Sulawesi, yang memakan biaya cukup besar. Fokuslah untuk mengalokasikan dana untuk pengeluaran tersebut. Meskipun di bank penerbit kartu kredit Anda memiliki promo di jenis produk lain, misalnya makan di restoran tertentu, hindari untuk menggunakannya. Hal ini berfungsi untuk semakin menekan pengeluaran agar tetap terkontrol dan tidak semakin berlebihan.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Menimbang perlu tidaknya menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan berbagai promosi menarik di bulan Ramadan sebenarnya harus dikembalikan pada kebijakan diri sendiri. Tidak bisa dipungkiri, Anda harus memperhitungkan kemampuan membayar tagihan di akhir bulan. Jangan sampai telat melakukan pembayaran. Sebisa mungkin, lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan serta bunga yang dikenakan. Jika memang Anda memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan pembayaran, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan berbagai macam promo tersebut. Selamat belanja!

Referensi: Kontan

amalan international merupakan perusahaan manajemen utang berbasis teknologi pertama di Indonesia yang tercatat di OJK. amalan bekerja untuk peminjam dan bekerja sama mencari solusi terbaik dan terjangkau dengan pemberi pinjaman. Program manajemen utang amalan memanfaatkan teknologi dan data yang sah agar klien amalan bisa keluar dari jerat utang dengan lebih cepat, membayar bunga dan penalti yang lebih rendah. Selain program manajemen utang, amalan juga memiliki solusi refinancing yang mengganti utang lama yang memberatkan menjadi utang baru yang lebih ringan. Kantor amalan indonesia didirikan di Jakarta pada tahun 2015 dan telah berhasil membangun tim yang terdiri dari ahli restrukturisasi dan ahli IT dengan pengalaman puluhan tahun. Sejak Juli 2016, amalan indonesia menjadi perusahaan pertama di Asia yang mendapatkan akreditasi dari International Association of Professional Debt Arbitrators (IAPDA).

Share This