Ramadan memang bulan penuh dengan kesempatan baru, tidak terkecuali kesempatan untuk meningkatkan pendapatan lebih. Ada begitu banyak peluang usaha menjelang puasa dan Lebaran, yang tentunya dapat membantu Anda untuk meningkatkan pundi-pundi.

Hanya dalam hitungan hari lagi, Ramadan sudah akan hadir dan Anda juga bisa langsung memulai usaha rumahan di bulan Ramadan. Berikut adalah berbagai ide usaha sampingan menjelang Lebaran yang wajib Anda coba:

1. Menjual Ta’jil dan Es Buah untuk Hidangan Berbuka Puasa

usaha ramadan

Usaha sampingan menjelang Lebaran yang sudah tidak asing lagi keuntungannya adalah menjual ta’jil serta es buah sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Tentu saja untuk menjual hidangan ta’jil, Anda harus sangat variatif. Sediakan beragam hidangan seperti bubur sumsum, pisang goreng, kroket, ragout, tahu isi, pisang cokelat, ddsb.

Sama halnya dengan es buah, ada berbagai macam yang bisa Anda jual misalnya es cincau, es kolang-kaling, es timun suri, es pisang hijau, kelapa muda, es buah-buahan yang kaya akan vitamin, dan sebagainya. Jenis es seperti ini biasanya sangat diminati untuk melepaskan dahaga di bulan puasa.

Satu hal yang harus Anda perhatikan saat akan memulai usaha sampingan menjelang Lebaran satu ini adalah modal dan juga lokasi. Untuk segi modal, biasanya memang usaha ta’jil maupun es buah memiliki nominal yang cenderung lebih sedikit.

Anda bisa mulai menyisihkan sedikit dari dana tabungan untuk memulai bisnis satu ini, untuk modal bahan makanan sendiri sebenarnya tergantung dari kuantitas makanan yang akan dibuat, namun jika ingin menjual sedikit dengan kualitas cukup, biasanya modal tidak sampai Rp1.000.000,-

Di samping menghitung modal untuk bahan makanan, tentu saja Anda juga harus mempertimbangkan modal untuk menyewa lokasi lapak. Lokasi yang diminati biasanya area pasar, pinggir jalan, hingga ke area perkantoran.

Jika berbicara dari segi harga sewa lokasi tentunya akan sangat bervariasi tergantung dari tempat yang disewakan. Jika Anda memilih harga yang lebih membumi, tentunya Anda bisa memilih area pasar maupun pinggir jalan, dengan modal lebih sedikit dan harga jual yang lebih rendah juga.

Berbeda jika ingin berjualan di area perkantoran maupun sewa booth di area bazar yang tentunya lebih mahal, Anda juga harus mempersiapkan dana produksi yang lebih tinggi. Tidak mungkin dong, berjualan di area yang lebih mewah namun dengan kualitas produk lebih rendah.

2. Menjual Catering untuk Berbuka Puasa dan Sahur

menu ramadan

Usaha rumahan di bulan Ramadan lainnya adalah dengan menjual catering untuk berbuka puasa dan sahur. Dengan tingginya aktivitas di bulan Ramadan, belum lagi harus mengejar waktu untuk kembali pulang ke rumah setelah bekerja seharian, biasanya tidak memungkinkan untuk menyiapkan makanan berbuka maupun sahur.

Anda bisa mengambil peluang satu ini untuk dijadikan sumber pendapatan. Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga atau memiliki istri yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, tentunya bisa mulai mengambil peluang ini dengan cermat. Mulai siapkan menunya dari sekarang, dan coba tawarkan ke tetangga terdekat. Jika memungkinkan untuk mengantar ke area lain, Anda bisa mengenakan biaya ongkos kirimnya juga.

Modal yang satu ini juga cukup beragam, tergantung dari permintaan porsi makanan, jenis makanan serta di mana Anda membeli bahan makanan. Aturlah sedemikian rupa, atau siapkan menu sesuai dengan menu berbuka puasa yang memang akan disantap oleh Anda dan keluarga, sehingga tidak perlu berpikir dua kali dalam menyiapkan makanan.

3. Menjual Busana Muslim hingga Perangkat Alat Shalat

Salah satu budaya Idul Fitri di Indonesia adalah dengan berbelanja pakaian serta perangkat alat shalat baru. Beberapa produk yang akan naik daun dan bisa dijadikan peluang usaha menjelang puasa dan Lebaran ini misalnya mukena, sajadah, sarung, peci, hingga baju koko, baju gamis, dan sebagainya.

Permintaan untuk produk-produk ini tentu saja akan lebih tinggi dibandingkan bulan biasanya. Jadi, mulai siapkan modal untuk mulai berbelanja barang-barang tersebut. Cara paling mudah adalah dengan berbelanja di pusat perbelanjaan seperti Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA) atau bisa juga membeli barang dengan menjadi reseller dari toko online.

Tentu saja Anda harus menyiapkan dana cukup untuk membeli barang-barang ini, karena harganya pasti tidak murah. Jika tidak ingin terlalu repot, Anda bisa , lalu jual kembali melalui platform online.

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika ingin berjualan dengan modal yang lebih rendah adalah dengan menjadi dropshipper. Apa itu dropshipper? Dropshipper adalah seseorang yang melakukan sistem jual dropship, Anda tidak perlu membeli barang / menyimpan stok barang.

Anda hanya perlu mencari calon pembeli, dan meneruskan pesanan ke distributor / supplier yang menjadi rekanan Anda. Nantinya, mereka yang akan mengemas barang dan mengirimkan produk langsung ke tangan pembeli, atas nama toko Anda. Anda hanya perlu menaikkan harga dari harga modal yang memang dijual kepada Anda.

Untuk melakukan metode berjualan seperti ini, Anda bisa menghubungi pemilik toko online yang bersangkutan dan menanyakan apakah mereka menyediakan metode dropship dalam penjualan barangnya. Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan, karena Anda hanya perlu mencari calon pembeli dan membiarkan pemilik toko untuk mengirimkan barang langsung ke pembeli.

Perhatikan untuk memilih pemilik toko yang bisa dipercaya, agar tidak malah merugikan Anda. Di beberapa online platform belanja saat ini, Anda juga bisa menemukan opsi sebagai dropshipper. Salah satunya adalah Shopee.

4. Ketupat dan Kue Kering untuk Lebaran

Peluang usaha menjelang puasa dan Lebaran lainnya lagi-lagi masih di bidang kuliner, Anda juga dapat mulai berjualan ketupat maupun kue kering untuk diajajakan. Meskipun biasanya baru dijual mendekati hari Raya, tidak ada salahnya untuk mulai memasarkannya dari sekarang. Cobalah untuk menawarkan produk yang akan dijual ke teman maupun kenalan, siapkan daftar pembeli terlebih dahulu agar nanti Anda bisa langsung mendistribusikannya

Untuk urusan kue kering, cobalah menyiapkan tester terlebih dahulu. Bawakan contoh produk ke kantor, acara arisan, maupun ke acara lainnya tempat Anda bisa mulai mempromosikan barang dagangan. Dengan begitu, mereka bisa langsung tahu apa saja produk yang bisa dibeli dan berapa harga serta kemasannya.

Untuk melengkapi kue kering, Anda dapat menawarkan paket hampers kue kering Lebaran sekaligus. Jual dengan harga yang lebih menarik untuk paket beberapa jenis kue beserta parsel. Jangan lupa hitung modal untuk hampers pembungkus kue Anda, ya!

4. Rental Mobil

rental mobil ramadan

Sama dengan menjual ketupat serta kue kering, bisnis jenis ini sangat terasa saat mendekati hari raya, biasanya momen Idul Fitri dimanfaatkan oleh orang-orang untuk berlibur ke kota-kota pusat wisata.

Bagi Anda yang berada di area tersebut dan memiliki mobil lebih, bisnis menyewakan mobil bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda. Harga rental mobil bisa meningkat dua kali lipat saat libur Idul Fitri. Jadi, bagi Anda yang memiliki kendaraan lebih bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.

Mengapa Berjualan di Bulan Ramadan?

Dengan banyaknya kesempatan untuk meraup keuntungan lebih tinggi, tentunya Anda bisa langsung mengumpulkan dana lebih banyak lagi. Dana hasil keuntungan ini tentunya bisa langsung Anda akumulasikan dengan dana yang sudah tersimpan di tabungan, serta THR (yang akan diterima di akhir bulan nanti).

Akumulasi ketiga sumber dana tersebut tentunya bisa langsung Anda alokasikan untuk melunasi utang kartu kredit serta KTA yang masih tertunggak di pihak bank.

Banyak Program Keringanan Kartu Kredit dan KTA dari Bank di Bulan Ramadan

Pada bulan Ramadan biasanya bank menyediakan program-program yang menarik bagi Anda, yang belum dapat melunasi tunggakan utang kartu kredit maupun KTA. Program keringanan tersebut dapat berupa potongan maupun cicilan yang diperpanjang dengan bunga lebih rendah agar Anda dapat melunasi utang kartu kredit maupun KTA yang belum dapat dilunasi sampai saat ini. Penawaran ini eksklusif bagi klien amalan international.

Apa Saja Program Keringanan yang Biasanya Bisa Didapatkan di Bulan Ramadan?

Program-program seperti ini biasanya bisa Anda dapatkan dari perusahaan penyedia manajemen utang, yang memiliki konsultan-konsultan berpengalaman. Belum lagi, jika Anda memiliki beberapa utang tertunggak sekaligus, pihak konsultan dapat membantu Anda dalam menyusun strategi untuk memutuskan jenis utang mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, sesuai dengan kondisi finansial yang Anda miliki saat ini. Berikut adalah beberapa jenis program keringanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mulai terbebas utang di akhir tahun:

1. Potongan / Diskon dalam Satu Kali Bayar

Jenis program keringanan yang satu ini memungkinkan nasabah agar total utangnya berkurang menjadi lebih kecil. Sesuai dengan namanya, walaupun nasabah mendapatkan diskon dalam utangnya (umumnya 20-50%), mereka harus langsung membayar dalam satu kali bayar.

Dalam beberapa kasus, program keringanan satu ini dapat memberikan pemilik kartu potongan diskon sampai 70% atau bahkan lebih, sesuai dengan kondisi finansial tertentu.

2. Cicilan yang Diperpanjang dengan Bunga Rendah

Berbeda dengan program diskon dalam satu kali bayar, program satu ini cocok bagi Anda yang secara finansial lebih minim. Singkatnya, nasabah yang memiliki tunggakan kartu kredit atau tunggakan KTA dapat memperpanjang tenor cicilannya agar menjadi lebih ringan, bunga yang didapat pun lebih rendah daripada bunga yang berlaku pada umumnya.

Jika bunga normal yang berjalan saat ini berada di kisaran 2,25%, maka ada kemungkinan untuk mendapatkan bunga sebesar 0-2% saja.

3. Diskon Cicilan

Lain lagi dengan program yang satu ini, jenis program ini merupakan gabungan dari dua jenis program di atas, yakni nasabah mendapatkan potongan lalu sisa pembayarannya dapat dilakukan dengan cicilan. Bank juga akan melihat kondisi yang dialami nasabah terlebih dahulu.

Jika nasabah memiliki kondisi pendukung yang membuatnya semakin sulit untuk melunasi utang, maka kemungkinan besar mereka bisa mendapatkan program ini (dengan catatan bank yang bersangkutan memiliki program tersebut).

Jika Anda ingin mencoba memanfaatkan perusahaan manajemen utang agar bisa mendapatkan program manajemen utang, maka Anda bisa mencoba layanan yang diberikan oleh amalan.

Tunggu apa lagi? Mulai siapkan dana tabungan dari sekarang, agar Anda bisa lebih siap untuk mengikuti program keringanan serta mampu melunasi utang kartu kredit dan KTA dari pihak bank di bulan Ramadan!

Share This