Apa hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan? Tentu saja melakukan hobi yang Anda suka. Biasanya dengan melakukan hobi, Anda bisa mengalihkan perhatian dari kejenuhan pekerjaan sehari-hari. Tentu saja, apabila dilakukan dengan maksimal, hobi bisa menjadi hal efektif untuk membuat Anda berpenghasilan lebih banyak. Ya, kuncinya adalah dengan memanfaatkan hobi yang menghasilkan uang tersebut menjadi lebih serius seperti menjadi pekerjaan sampingan. Berikut adalah beberapa hobi yang menghasilkan uang, mungkin salah satunya adalah hobi Anda:

Memasak atau Membuat Kue

Tidak perlu dipungkiri lagi, memasak atau membuat kue merupakan hobi yang menghasilkan uang. Bahkan tidak sedikit orang yang justru memanfaatkan hobi ini menjadi sumber utama mata pencahariannya. Anda bisa memanfaatkan hobi memasak menjadi jasa catering setiap pagi. Jika terlalu sibuk, Anda juga bisa menerima pesanan dengan sistem per akhir minggu saja. Misalnya, hanya menerima pesanan berupa nasi tumpeng saja di hari Sabtu/Minggu. Selain tidak akan melelahkan Anda pada hari biasa, Anda pun dapat mengontrol jumlah pesanan, jadi memang ada kepastian dalam segi kuantitas maupun uang yang dihasilkan. 

Mid-section of waitress packing croissants in paper bag at cafx92xA9.jpeg

Sama halnya dengan membuat kue, biasanya bagi para pekerja sampingan, pesanan hanya diterima untuk hari Sabtu atau Minggu saja. Anda bisa menerima pesanan berupa kue ulang tahun atau kue-kue berukuran kecil. Tentukan menu yang akan dijual, agar Anda tidak perlu memutar otak memikirkan menu pesanan khusus yang diminta oleh setiap calon pembeli. 

Membuat Desain

Bidang satu ini memang tidak menjadi rahasia lagi, karena banyak orang-orang dengan hobi serupa mampu menghasilkan uang. Untuk hal satu ini, memang dibutuhkan waktu ekstra agar kamu bisa mengambil pekerjaan sampingan. Sisakan waktu di malam hari sepulang kerja, serta di akhir minggu. Desain sendiri tidak terbatas pada sebuah ilustrasi poster maupun keperluan corporate identity saja, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan desain yang Anda miliki dalam membuat desain web, maupun jenis desain lainnya yang memerlukan keahlian khusus agar Anda bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi. 

Saat akan mengambil pekerjaan sampingan dalam membuat desain ilustrasi, Anda akan terus dituntut untuk mampu menghasilkan ide-ide kreatif. Maka dari itu, saat memiliki sisa-sisa waktu senggang, tetap perkaya diri Anda dengan inspirasi dari berbagai situs. Beberapa yang bisa dijadikan inspirasi misalnya Pinterest atau Behance. 

Menulis Artikel 

Hobi yang menghasilkan uang lainnya adalah hobi menulis artikel. Bagi Anda yang gemar menulis blog maupun puisi, ini kesempatan besar bagi Anda karena nyatanya memang banyak sekali peluang yang tersedia untuk pekerjaan sampingan yang satu ini. Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari hobi yang satu ini. Di situs lokal, Anda bisa memanfaatkan situs seperti Sribulancer, di sisi lain Anda juga bisa memanfaatkan situs seperti Upwork.

Biasanya jika mampu menulis artikel dalam bahasa Inggris, Anda bisa mendapatkan uang lebih besar lagi dibandingkan artikel bahasa Indonesia. Saat memilih pekerjaan, pilihlah nominal yang dibayarkan seteliti mungkin. Ada yang membayar penulis lepas dengan hitungan per kata atau bahkan per karakter. Umumnya, Anda bisa mendapatkan setidaknya Rp50.000,- bagi artikel berbahasa Indonesia dengan 300-500 kata, namun untuk artikel dengan 1.000 kata maupun artikel berbahasa Inggris, Anda bisa mendapatkan setidaknya Rp100.000,-

Membuat Kerajinan Tangan Buatan Sendiri

Bagi para wanita yang gemar berkreasi dan membuat hasil kerajinan tangan sendiri, inilah saatnya untuk mulai mengubah hasil kreasi tersebut menjadi uang. Beberapa kerajinan tangan yang sedang populer misalnya papercutting, paper quilling, dan masih banyak lagi. Bagi para wanita yang gemar menjahit maupun membuat rajutan, tidak ada salahnya untuk mulai menjualnya di platform online. Kembangkan ide-ide Anda melalui referensi yang ada di Pinterest atau Etsy, serta tidak lupa carilah tutorial pembuatannya di YouTube.

Share This