usaha ramadan minim modal

Di bulan Ramadan ini, mungkin Anda ingin mencari pekerjaan sampingan agar bisa menambah pendapatan Anda untuk kebutuhan Ramadan dan Hari Raya. Nah di artikel ini, kami menyajikan 5 ide usaha Ramadan yang bisa Anda lakukan tanpa ribet dan minim modal.

Kok bisa minim modal? Karena Anda hanya perlu menggunakan peralatan rumah tangga yang sudah Anda punya. Dan meskipun usaha rumahan, Anda tetap bisa mendapatkan pemasukan yang besar selama bisa memasarkannya dengan baik.

Ide usaha rumahan ini cocok bagi Anda yang:

  1. Tidak ingin terlalu capek setelah seharian bekerja
  2. Bisa dikerjakan dari rumah
  3. Minim modal

Sudah tidak sabar? Yuk temukan inspirasi usaha rumahan Anda berikut ini!

1. Bisnis Dropship

Selain modalnya yang minim, dropship adalah usaha rumahan yang mudah untuk dijalankan. Cara kerjanya juga mudah, yaitu Anda menjual produk yang dibuat oleh pihak lain dengan harga jual yang Anda tetapkan sendiri. Nantinya, produsen tersebut yang akan mengirimkan barang.

Agar usaha Anda laku dan tidak kalah saing harga dengan produsen, Anda bisa memasarkannya ke orang-orang atau area yang tidak terjangkau oleh produsen tersebut. Misalnya tetangga kanan-kiri Anda, keluarga Anda di kampung, atau teman-teman di kantor.

Selain itu Anda juga bisa menjualnya melalui media sosial atau marketplace. Dengan berjualan secara online, Anda juga bisa mencoba menjualnya ke luar negeri.

2. Jual Beli Barang Bekas

Selain dropship, menjual barang bekas juga ide bisnis tanpa modal yang menjanjikan. Apalagi, kalau yang Anda jual itu unik atau masih bisa dipakai. Selain itu, Anda juga bisa menjual barang bekas milik Anda sendiri maupun orang lain.

Ada berbagai macam barang bekas yang bisa dijual dan bernilai tinggi. Misalnya baju, mesin cuci, kulkas, handphone, laptop, televisi, sepeda motor, mobil, dll.

3. Agen Pulsa & Pembayaran Online

Menjadi agen pulsa online lebih praktis daripada menyewa kios sendiri. Selain modalnya lebih kecil, Anda tidak perlu duduk seharian menjaga counter. Jadi, ide bisnis rumahan ini cocok sebagai usaha sampingan.

Untuk memulainya, Anda cukup mencari distributor pulsa yang berkualitas. Mulai dari pelayanan customer service, durasi mengirim pulsa, dan harga pulsa yang ditawarkan. Dengan demikian, kepuasan pelanggan Anda juga terjamin.

Selain itu, masih banyak loh orang yang belum paham kalau pembayaran utilitas seperti listrik, token listrik, PAM, BPJS, dll, bisa dilakukan secara online. Bahkan untuk yang satu ini, Anda tidak perlu mencari distributor. Anda cukup meng-install aplikasi digital yang memungkinkan semua pembayaran di atas dengan biaya admin yang murah.

4. Laundry

Usaha yang satu ini cukup menggunakan mesin cuci dan setrika yang Anda punya. Apabila Anda terlalu capek untuk menyetrika setelah seharian bekerja, Anda bisa menggunakan jasa orang lain dengan sistem komisi, bagi hasil, atau upah per jam.

Bukan hanya laundry pakaian saja, jasa cuci sepatu, karpet, boneka, dan helm juga termasuk peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Sepatu, karpet, boneka, dan helm adalah barang-barang yang digunakan banyak orang.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu belajar cara merawat tipe kain, busa, pelapis dan bahan-bahan lainnya yang umumnya digunakan untuk membuat sepatu, karpet, boneka, dan helm.

Usaha laundry kiloan bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Terlebih jika Anda tinggal di daerah kota yang sibuk, seperti pusat perkantoran, area dekat kampus, dan perumahan.

5. Bergabung dengan Afiliasi

Ide usaha selanjutnya adalah afiliasi. Afiliasi berarti program yang memungkinkan Anda mendapat komisi setelah membuat orang lain membeli atau memakai suatu produk. Besaran komisinya beraneka ragam, tergantung perusahaan di mana Anda bergabung.

Salah satu opsi terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah MitraCekaja. Di situ Anda mendapatkan bayaran untuk membantu teman dan keluarga Anda menemukan produk keuangan terbaik bagi mereka.

Tapi, bagaimana caranya melakukan afiliasi?

Oleh penyedia program afiliasi, Anda akan diberikan media promosi seperti link unik, kode kupon, dsb, yang nantinya bisa diklik oleh calon customer. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjaring banyak orang.

Tips Agar Usaha Ramadan Minim Modal Anda Sukses

Tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, tapi agar sukses setiap usaha membutuhkan persiapan yang matang. Berikut ini tiga tips yang bisa Anda lakukan agar usaha rumahan Anda sukses.

1. Fokus Pada Minat dan Kemampuan Anda

Minat dan kemampuan adalah dua hal yang cukup berpengaruh bagi kesuksesan bisnis rumahan. Jadi ketahui dulu minat dan kemampuan Anda, lalu kerahkan fokus Anda di situ. 

Semakin Anda fokus pada minat dan kemampuan, Anda akan menjalankan bisnis dengan sepenuh hati. Hal ini sangat mempengaruhi produktivitas Anda dan semangat untuk pantang menyerah apabila bisnis sedang tidak berjalan dengan baik.

2. Pahami Potensi Pasar & Kompetitor Usaha Ramadan Minim Modal

Tips berikutnya adalah memahami potensi pasar. Anda wajib mencari tahu bagaimana persaingan ide bisnis yang sudah Anda pilih. Apabila pasar Anda lokal, maka cari tahu mengenai persaingan di level lokal. Begitu juga apabila pasar Anda di media sosial.

Cari tahu apakah produk Anda dibutuhkan target pasar, jenis-jenis promo dan layanan tambahan yang diminati pasar, serta keunggulan dan kelemahan kompetitor Anda.

Dengan memahami kondisi pasar, Anda mengetahui potensi keberhasilan bisnis dan risiko kegagalan produk di tengah jalan pun bisa diminimalisir.

3. Membuat Marketing Plan untuk Usaha Ramadan Minim Modal

Setelah memahami peluang usaha rumahan, buatlah perencanaan bisnis alias marketing plan. Marketing plan adalah sebuah rencana pemasaran untuk mencapai tujuan pada periode yang ditentukan. Dengan membuat marketing plan, Anda akan lebih mudah untuk menyusun strategi bisnis yang efektif.

Share This