Banyak nasabah bank penasaran apakah dirinya masuk blacklist oleh Bank Indonesia karena mungkin jarang melihat laporan kredit mereka. Hal ini tentunya menjadi poin krusial, apalagi bagi mereka yang berencana mengajukan pinjaman.

laporan kredit

Sebelum 1 Januari 2018, Anda bisa mengajukan IDI Historis Anda sendiri untuk mengetahui apakah Anda di-blacklist atau tidak. Tetapi per 1 Januari 2018, seluruh proses BI Checking untuk mendapatkan IDI Historis sudah diganti oleh SLIK OJK.

SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) adalah sistem informasi yang berisi data keuangan perseorangan maupun badan usaha, termasuk di antaranya laporan kredit. SLIK diterbitkan oleh OJK untuk menggantikan SID (Sistem Informasi Debitur) yang biasa dikenal dengan sebutan BI Checking.

Cara Mendapatkan Laporan Kredit SLIK OJK

Sebelumnya, untuk mengecek SLIK OJK Anda harus datang sendiri ke kantor OJK baik di pusat maupun daerah, dan membawa KTP asli serta mengisi formulir yang disediakan di sana. Tetapi karena pandemi Covid-19, maka sejak 18 Maret 2020 pengecekan SLIK dapat dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Untuk mengecek SLIK OJK secara online, Anda harus mempunyai komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet. Dan lakukan langkah berikut ini:

Pertama, kunjungi laman antrian online di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.

Kedua, pilih jenis informasi debitur dan tanggal antrian. Untuk kolom tanggal layanan, silahkan pilih tanggal informasi debitur SLIK akan dikirimkan melalui email. Pilihlah tanggal dan jam yang kuotanya masih tersedia. Setelah itu klik “Lanjut”.

Ketiga, isi seluruh data yang diminta secara lengkap dan benar. 

Keempat, upload foto atau scan dokumen asli dan pilih salah satu tujuan permohonan. Setelah itu centang kotak persetujuan disclaimer dan ketik teks captcha pada kolom yang disediakan. Lalu klik “Kirim”.

Kelima, Anda akan menerima email dari OJK yang berisi bukti Registrasi Antrian SLIK Online. Setelah itu tunggu OJK melakukan verifikasi data. Ini adalah verifikasi tahap pertama.

Keenam, bila Anda lolos verifikasi tahap pertama ini, Anda akan kembali mendapatkan email dari OJK yang berisi informasi hasil verifikasi Antrian SLIK Online paling lambat H-2 dari tanggal antrian. Di dalam email kedua ini, Anda akan menemukan formulir yang harus diisi. Cetak (print) formulir tersebut dan berikan tanda tangan 3 kali. Lalu foto atau scan formulir yang telah ditandatangani dan kirimkan ke nomor WhatsApp OJK-SLIK yang tertera di email.

Ketujuh, tunggu verifikasi lanjutan dari OJK. OJK mungkin akan melakukan video call bila merasa diperlukan. 

Kedelapan, jika Anda lolos verifikasi tahap kedua di atas (verifikasi WhatsApp), OJK akan mengirimkan hasil informasi debitur (iDeb) SLIK beserta cara membacanya melalui email.

Alternatif Lainnya: Layanan Credit Check Up dari amalan

Ada cara lain yang mungkin lebih mudah bagi Anda, yaitu mengambil layanan Credit Check Up dari amalan. Dengan layanan Credit Check Up, Anda bisa mendapatkan laporan kredit dan skor kredit resmi dari biro kredit berlisensi OJK yang bekerja sama dengan amalan.

Credit check up merupakan proses pengumpulan informasi mengenai pinjaman yang pernah Anda terima dan yang sedang berjalan, serta sejarah pembayaran pinjaman-pinjaman tersebut. Kemudian, dibandingkan dengan kondisi penghasilan dari Anda sebagai nasabah untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan nasabah dalam menerima dan membayar kembali pinjaman. Hasilnya akan dinyatakan dalam bentuk “score”.

Dengan persetujuan dari Anda sebagai nasabah, konsultan amalan akan membaca score credit check up Anda untuk membuat diagnosa atas kondisi pinjaman dan kemampuan Anda mengembalikan pinjaman. Berdasarkan diagnosa tersebut, konsultan amalan akan memberi saran alternatif penyelesaian masalah utang. Secara umum, saran yang diberikan konsultan amalan akan mengatur jumlah pembayaran bulanan, mengusulkan pengaturan alokasi penggunaan pendapatan Anda, bagaimana cara memperoleh tambahan dana untuk mengurangi beban pembayaran bulanan, serta berapa waktu yang dibutuhkan untuk bisa keluar dari masalah pinjaman yang Anda hadapi.

Nah, kalau Anda sedang memiliki masalah dengan pinjaman, atau merasa mungkin akan memiliki masalah dengan pinjaman, silakan hubungi PT amalan international Indonesia melalui www.amalan.com/id/amalia  

amalan merupakan perusahaan manajemen utang berbasis teknologi pertama di Indonesia yang tercatat di OJK. amalan bekerja untuk peminjam dan bekerja sama dengan peminjam untuk mencari solusi terbaik dan terjangkau dengan pemberi pinjaman. Semoga berhasil! 

Sumber Referensi: 

www.bi.go.id ; www.ojk.go.id ; https://www.imoney.my/credit-conselling-score-akpk

Share This