Siapa yang tidak kenal dengan Bunda Corla? Sosok yang saat ini sedang viral dengan kegiatan siaran langsungnya di media sosial Instagram beberapa waktu belakangan ini. Banyak sekali pencarian di media sosial tertuju padanya, bagaimana tidak, Bunda Corla dinilai berhasil menghibur khalayak ramai mulai dari kalangan netizen, publik figur, hingga para pejabat. 

Hidup seorang diri di Jerman, Bunda Corla memiliki profesi sebagai pramusaji restoran waralaba cepat saji Kendati demikian, hidup seorang diri di luar negeri tidak membuat Bunda Corla terkendala masalah keuangan karena memiliki rencana keuangan yang baik.

Sempat membuat netizen penasaran, Bunda Corla pernah memberitahu pendapatannya melalui siaran langsung Instagram. Pada tayangan tersebut, Bunda Corla menjelaskan rincian pendapatan yang diterima.Ia memiliki pendapatan kotor sebesar EUR 2000 (kurs IDR 32.558.353) dan pendapatan bersih sebesar EUR 1600 (kurs IDR 26.046.682). Terlihat besar secara nominal, namun Bunda Corla tetap mengimbangi dengan biaya hidup yang ada di Jerman.

Penasaran dengan tips mengelola keuangan yang baik ala Bunda Corla? Berikut tipsnya!

Tips Mengelola Keuangan dengan Baik ala Bunda Corla

1. Persiapkan Dana Darurat

Mempersiapkan perencanaan dana darurat seperti dana pensiun, asuransi, dan jaminan kesehatan merupakan komponen penting dalam mengelola keuangan. Saat mempersiapkan dana darurat, alokasi dana perlu dilakukan sedini mungkin. Jika menabung biasanya berkaitan dengan tujuan membeli alat elektronik atau berlibur, perihal dana darurat Anda menyiapkan pengelolaan keuangan dalam tujuan jangka waktu yang lama.

2. Gunakan Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan atau lebih familiar dikenal dengan budgeting ini penting dalam penyesuaian rencana keuangan. Seperti contoh Bunda Corla, setelah menerima gaji, biasanya ia akan membayar sewa rumah, air, internet, dan kebutuhan harian. Untuk seluruh kebutuhan tersebut, ia membutuhkan EUR 600 saja. Adanya rencana anggaran akan membuat kita lebih konsisten menabung karena sudah ada bagian yang disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Tentukan Skala Prioritas

“Jika barang itu belum bisa kubeli, gak akan kubeli, realistis aja,” ucap Bunda Corla. 

Pada kalimat di atas, hal positif yang wajib dipahami adalah memenuhi kebutuhan lebih besar daripada memuaskan keinginan. Hidup dengan rasa cukup dan syukur membuat manusia merasa cukup dengan finansial yang dimiliki. 

Dengan melakukan berbagai tips di atas, Anda berpeluang memiliki kondisi finansial yang stabil sehingga dapat lebih cepat melunasi pinjaman Anda. Yuk, jangan lupa untuk top up saldo RDP Anda secara rutin!

Share This