Skor kredit adalah tiga digit angka, dari 300 hingga 850, yang memberi gambaran seberapa besar kemungkinan Anda membayar tagihan dan melunasi pinjaman.

Credit Check Financial Banking Economy Concept

Skor kredit dikeluarkan oleh biro kredit, yang menghitungnya berdasarkan laporan kredit Anda dengan rumus matematika. Angka yang rendah mungkin tidak menyulitkan pengajuan kredit Anda, tetapi biasanya Anda diwajibkan membayar uang deposit atau dibebankan bunga yang lebih tinggi. Anda mungkin juga diwajibkan membayar asuransi mobil atau deposit untuk utilitas.

Sedangkan angka yang tinggi dapat membuka akses ke produk-produk kredit lainnya— dan dengan suku bunga yang lebih rendah. Debitur (peminjam) dengan angka di atas 750 sering diberi penawaran, seperti pembiayaan 0% untuk mobil dan kartu kredit dengan suku bunga pengantar 0%.

Ketika kreditur (pemberi pinjaman) atau penerbit kartu kredit memeriksa kredit Anda, mereka akan melihat laporan kredit, skor kredit, atau keduanya. amalan mempunyai layanan Credit Score by CLIK di mana Anda bisa mengecek skor Anda.

Kisaran skor kredit

Umumnya, skor kredit berkisar antara 300 hingga 850. Sementara itu, kreditur biasanya punya aturan masing-masing untuk menentukan berapa skor yang akan mereka terima.

  • Skor 720 atau lebih tinggi umumnya dianggap sangat baik.
  • Skor antara 690 dan 719 umumnya dianggap baik.
  • Skor antara 630 dan 689 umumnya dianggap kurang baik.
  • Dan skor di bawah 629 umumnya dianggap sangat buruk.

Kebanyakan kreditur memutuskan untuk menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman Anda melalui skor ini. Tetapi harap diingat, angka seseorang dapat berbeda-beda tergantung dari biro kredit yang menyediakan data. Sedangkan amalan bekerja sama dengan biro kredit yang sudah berlisensi OJK, di mana data dan informasi kreditnya diambil dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Faktor-faktor yang mempengaruhi

Ada 2 faktor yang paling mempengaruhi skor Anda. Kedua faktor tersebut adalah:

  • Pembayaran tepat waktu. Pembayaran tepat waktu dihargai sangat tinggi dalam penilaian skor. 1 hari saja Anda terlambat membayar, dapat berakibat pengurangan skor. Dan keterlambatan yang lebih dari 30 hari akan terus dicatat dalam laporan kredit sampai bertahun-tahun.
  • Pemanfaatan kredit. Faktor kedua yang tidak kalah penting dari ketepatan waktu pembayaran adalah pemanfaatan kredit. Pemanfaatan kredit adalah persentase penggunaan kredit terhadap limit kredit Anda. Sebaiknya hindari pemanfaatan kredit lebih dari 30% limit kredit Anda. Jika limit kredit Anda misalnya Rp10 juta, gunakan maksimal hanya Rp3 juta saja. Semakin rendah pemanfaatan kreditnya, maka semakin tinggi skor Anda.

Selain 2 faktor krusial di atas, ada 3 faktor lainnya yang juga cukup mempengaruhi:

  • Usia kredit: Semakin sering Anda mengajukan kredit, dan semakin tinggi usia rata-rata akun Anda, semakin baik skor Anda.
  • Punya lebih dari 1 jenis kredit: Penilaian Anda semakin tinggi jika Anda punya lebih dari satu jenis kredit, misalnya KTA dan kartu kredit.
  • Pengajuan kredit baru: Saat Anda mengajukan kredit baru, laporan kredit Anda akan diperiksa. Pemeriksaan ini dapat menyebabkan penurunan skor kredit walaupun hanya sementara.

Dari mana informasi kredit berasal?

Bank dan lembaga pembiayaan melaporkan data dan informasi kredit Anda kepada OJK. OJK lalu menyimpan data ini. Jadi jika Anda pernah menggunakan kredit, OJK dan biro kredit mungkin memiliki datanya. Biro kredit menggunakan data ini untuk mengeluarkan skor kredit, yang kemudian dibeli oleh kreditur untuk mengevaluasi pengajuan pinjaman Anda.

Informasi kredit dilaporkan secara sukarela dan tidak bersifat wajib. Juga ada panduan ketat dari OJK tentang cara melakukannya. Tetapi walaupun tidak wajib, kreditur tetap melakukannya agar informasi tersebut dapat membantu kreditur lain membuat keputusan yang lebih baik dalam menyetujui atau menolak sebuah pengajuan.

Skor kredit yang baik tidak menjamin pengajuan diterima

Jika Anda punya skor kredit yang baik, lalu Anda mengajukan pinjaman, maka belum tentu Anda mendapatkan suku bunga yang baik — atau bahkan persetujuan. Sebaliknya, skor kredit yang rendah juga tidak berarti pengajuan kredit Anda akan ditolak.

Ada hal-hal lain yang memegang peranan penting dalam keputusan pemberian pinjaman, seperti jumlah penghasilan Anda dan kredit lain yang masih berjalan. Kreditur juga mempertimbangkan aset yang Anda jaminkan. Selain itu, kreditur menghitung rasio kredit Anda saat mengevaluasi apakah Anda masih punya anggaran untuk membayar tagihan bulanan.

Cara mengetahui skor kredit Anda

Selain kreditur, Anda juga berhak mengetahui skor kredit Anda sendiri. Hal ini sangat berguna jika Anda sedang menyusun rencana untuk mengajukan pinjaman.

Anda bisa mendapatkan skor kredit melalui layanan Credit Score by CLIK. amalan bekerja sama dengan biro kredit berlisensi OJK untuk mendapatkan data dan informasi kredit Anda langsung dari OJK.

Share This