langkah menuju sukses

Kesuksesan adalah target yang sukar dipahami dan seringkali terasa di luar jangkauan. Mungkin karena merasa tidak punya cukup uang, tidak mengerjakan sesuatu yang disukai, hingga ketidaksesuaian ekspektasi dengan realita. Mungkin banyak dari kita yang berpikir “Jika kita bisa mendapatkan banyak hal yang belum kita raih, maka kita akan bahagia.” Namun, kita sering kali merasa harus memenuhi impian dengan instan, misalnya melalui harta benda atau pun jumlah dana di tabungan. 

Kesuksesan itu tidak selalu datang dari hal-hal yang sering terlihat, karena perasaan tersebut bisa diukur dari bagaimana kita menanggapi sebuah keadaan seperti pencapaian karir atau hubungan. 

Coba lupakan sejenak standar yang ditetapkan masyarakat. Ini 7 langkah agar Anda dapat merasa sukses dengan cara Anda sendiri.

1. Kelilingi Diri Anda dengan Hal Positif

Rasa bahagia dapat lebih dari sekadar pengalaman pribadi. Lingkungan dan orang-orang di dalamnya akan mudah memengaruhi perasaan. Ketika berada di dalam lingkungan positif akan termotivasi dengan pemikiran-pemikiran terbuka, banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat membawa kita ke arah yang lebih baik serta mengembangkan potensi yang dimiliki.

2. Visualisasikan Kesuksesan

Ajak dirimu untuk menghadapi tantangan yang lebih besar, baik dari karir, keuangan dan sebagainya. Seperti menambah wawasan dengan belajar bahasa asing, melunasi utang, mengambil pendidikan lebih tinggi, atau memulai menabung untuk hari tua. Miliki tujuan yang akan membawa Anda mencapai financial freedom dengan cara menabung. Anda dapat implementasikan tujuan hidup dengan langkah-langkah yang sudah anda rencanakan.

3. Rayakan Pencapaian Anda

Apapun pencapaiannya, kecil atau besar, Anda sudah berusaha keras untuk itu dan Anda berhak untuk merayakannya. Ini salah satu cara agar menghargai jerih payah yang sudah diusahakan selama ini. Cara merayakan pencapaian tentu berbeda-beda, beberapa orang akan merayakan dengan teman, keluarga, bahkan sekedar me time untuk merasakan rasa syukur atas apa yang sudah diraih. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat perayaan sederhana untuk sesuatu yang sudah diusahakan!

4. Jadilah Pemimpin untuk Dirimu

Jangan pernah menggantungkan kebahagiaanmu dengan orang lain, tidak dengan pasangan, teman, maupun pengikut media sosial. Anda akan merasa lebih mudah untuk mencapai keinginan jika memiliki tanggung jawab penuh atas diri sendiri. Memiliki tanggung jawab penuh untuk dirimu adalah perjalanan hidup yang challenging, kamu membuat kesalahan, namun itu akan lebih baik daripada berandai-andai. Karena jika bukan diri sendiri maka siapa yang akan mengejar tujuan tersebut?

5. Menolong Orang 

Menolong orang adalah salah satu hal baik yang dapat kita lakukan. Dengan menolong, kita bisa merasakan ada rasa syukur yang dipanjatkan dari orang lain melalui bantuan yang kita berikan, dari rasa terima kasih yang disampaikan. Jika kita ingin merasa sukses, sukses bisa berbentuk berguna bagi orang lain

6. Mengingat Pentingnya “Self-Care”

Menolong orang itu adalah hal yang baik, namun tidak dengan mengabaikan kebutuhan Anda sendiri. Beri waktu untuk istirahat dan merasakan kebahagiaan yang Anda berikan pada orang lain. Beri waktu untuk diri sendiri. Jika Anda merawat diri sendiri, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengejar kesuksesan Anda dan memengaruhi orang lain secara positif.

7. Temukan Hal Baik

Meski pun terkadang tampak hanya sedikit hal yang bisa disyukuri dalam hidup, lihatlah ke sisi dalam diri dan akui hal yang berjalan baik. Temukan situasi dan orang-orang dalam hidup yang membuat Anda bersyukur dan fokuslah pada hal tersebut.

Pemenuhan diri dan kesuksesan tidak terjadi dalam semalam. Semua itu membutuhkan waktu dan upaya sadar untuk mewujudkannya. Gunakan langkah-langkah di atas sebagai titik awal dan teruslah berinvestasi pada diri sendiri dan masa depan Anda.

Share This