Skor kredit Anda lebih menentukan daripada jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan dan suku bunganya. Bank dan lembaga pembiayaan menggunakannya untuk memutuskan siapa saja  yang mendapatkan persetujuan untuk pengajuan pinjamannya. Perusahaan asuransi juga menggunakan skor kredit untuk menetapkan premi asuransi mobil dan rumah.

Credit Score Financial Banking Economy Concept

Mengapa skor kredit penting?

Simpelnya, skor kredit yang bagus akan mudah mendapatkan penawaran yang bagus juga — KTA, kartu kredit, premi asuransi, KPR, kredit mobil, dll. Sedangkan skor kredit yang buruk dapat membuat seseorang kesulitan mendapatkan pinjaman.

Baik buruknya skor kredit juga menentukan besar kecilnya suku bunga yang Anda dapatkan untuk pinjaman Anda. Misalnya, debitur dengan skor kredit di kisaran 620 akan mendapatkan suku bunga KPR yang lebih tinggi daripada debitur dengan skor kredit di atas 760. Begitu juga dengan kredit-kredit lainnya.

Skor kredit adalah faktor penting dalam kehidupan finansial kita, maka sebaiknya Anda mengetahui berapa skor kredit Anda saat ini dan hal-hal apa saja yang dapat menambah dan mempertahankan skor kredit Anda.

Penilaian skor kredit

Setiap biro kredit dapat memberikan skor yang berbeda-beda untuk satu orang. Hal ini terjadi karena masing-masing biro kredit mempunyai rumus penilaiannya sendiri-sendiri. Skor kredit juga dapat berubah seiring berjalannya waktu, tergantung dari membaik atau memburuknya riwayat kredit.

Karena sifatnya yang berbeda-beda dan berubah-ubah, sebaiknya Anda sering memantau skor kredit Anda dari waktu ke waktu melalui biro kredit yang sama.

Pinjaman underbanked untuk membangun kredit

Banyak orang tidak memiliki skor kredit karena belum pernah menggunakan kredit, atau belum cukup lama menggunakannya untuk menghasilkan skor. Nah, jika Anda salah satunya, Anda bisa mencari pinjaman underbanked.

Underbanked adalah golongan orang yang sulit mendapatkan fasilitas kredit karena tidak pernah mengajukan kredit sebelumnya. Kurang lebih seperti fresh graduate yang ditolak bekerja karena tidak punya pengalaman kerja. Untuk golongan seperti ini, ada beberapa bank dan lembaga pembiayaan yang menawarkan pinjaman untuk membangun skor kredit.

Setelah Anda mendapatkan pinjaman underbanked, Anda wajib melakukan beberapa tips di bawah ini agar skor baik:

  • Membayar tagihan tepat waktu. Ini adalah faktor utama yang sangat berperan dalam naik turunnya skor kredit.
  • Gunakan secara ringan tetapi teratur. Jangan langsung menghabiskan limit kredit pertama Anda, tetapi ambil 30% saja. Setelah lunas, limit Anda akan naik dan ambil maksimal 30% lagi. Begitu seterusnya hingga skor kredit bagus.
  • Lakukan pelunasan awal. Jika Anda tidak ingin dihantui utang selama masa pinjaman (tenor), Anda bisa langsung melunasi pinjaman Anda pada tanggal jatuh tempo pertama. Ini tidak merusak skor kredit. Tetapi biasanya, Anda harus membayar penalti karena melakukan pelunasan lebih cepat.

Pertahankan skor baik Anda

Begitu Anda memiliki skor kredit yang baik (690 atau lebih), berhati-hatilah agar skor Anda tidak turun dan memburuk.

Sekali saja Anda terlambat membayar, skor Anda dapat jatuh lebih dari 100. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan fitur auto-payment untuk semua pinjaman Anda jika memungkinkan.

Tindakan penagihan yang dilakukan debt collector, dan tuntutan hukum yang dilayangkan kreditur karena pembayaran yang menunggak juga menjatuhkan skor kredit.

Manfaatkan kredit baik

Setelah skor kredit Anda mendekati 700 atau lebih, Anda dianggap sebagai debitur yang minim risiko. Anda akan dihubungi oleh kreditur-kreditur yang menawarkan berbagai keuntungan untuk pinjaman Anda berikutnya, seperti kenaikan limit, bunga rendah, dll.

Pertimbangkan juga untuk menghitung kembali premi asuransi mobil Anda, terutama jika skor kredit Anda telah meningkat secara substansial sejak polis ditetapkan. Perusahaan asuransi mungkin tidak memeriksa skor kredit Anda secara berkala; jadi mintalah untuk menghitung ulang premi Anda.

Itulah keuntungan memiliki skor kredit yang bagus. Anda tidak akan memohon-mohon agar pinjaman Anda disetujui atau diberikan bunga yang rendah. Anda justru diberikan penawaran spesial dan berbagai keuntungan yang debitur lain tidak dapatkan.

Share This