Pemecatan dari tempat Anda bekerja dapat terjadi kapan saja dan secara tiba-tiba. Kejadian ini tentunya akan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi semua orang. Dipecat berarti Anda kehilangan pekerjaan tetap, yang kemungkinan besar merupakan sumber penghasilan utama dan satu-satunya yang Anda milikil. Tidak hanya mengubah rutinitas harian, pemecatan juga akan menjungkir-balikkan situasi keuangan Anda. Tiba-tiba hidup menjadi terasa tidak lagi stabil dan aman. Untuk mengatasi situasi ini, berikut merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika dipecat dari pekerjaan dan agar bisa bangkit setelah dipecat:

Tidak Selalu Karena Kesalahan Anda

Penanganan Saat Dipecat.jpg

Hal pertama yang perlu Anda lakukan setelah dipecat dari pekerjaan adalah tidak menyalahkan diri sendiri. Pemecatan dapat terjadi akibat beragam variabel yang berbeda dan itu tidak selalu datang dari diri Anda. Kejadian ini dapat menimpa siapa saja dan di mana saja, bahkan Steve Jobs pernah dipecat dari pekerjaan saat bekerja di Apple. Dipecat juga merupakan akhir dari karir Anda. Kini Anda memiliki kesempatan untuk mencari lingkungan kerja yang baru di tempat lain. Ketimbang menyalahkan situasi, Anda harus bangkit setelah dipecat dan berusahalah untuk fokus memikirkan apa yang perlu Anda lakukan untuk menanganinya. Ini akan membantu Anda unutk lebih cepat bangkit dan kembali ke kondisi stabil.

Legalitas Pemecatan Tenaga Kerja

Sebelum mulai mencari lowongan pekerjaan, periksalah segala hak dan kewajiban yang berhubungan dengan pekerjaan lama Anda. Pastikan kantor anda tidak memberhentikan Anda secara curang. Anda dapat membaca kembali kontrak kerja untuk memeriksa apa saja yang disepakati terkait penghentian masa kerja anda. Biasanya kantor akan memberikan kompensasi pemecatan berupa pesangon, namun hal ini juga tergantung dengan kontrak dan juga penyebab pemecatan Anda. Selain itu, sebelum meninggalkan kantor Anda juga dapat meminta surat rekomendasi dari atasan Anda. Ini dapat anda gunakan untuk melamar pekerjaan Anda selanjutnya. Surat rekomendasi ini dapat menambah kelayakan (eligibility) Anda untuk dipekerjakan di perusahaan yang baru.

Siapkan Dokumen untuk Melamar Kerja

Tentunya untuk bangkit setelah dipecat, Anda harus mulai melamar pekerjaan baru.  Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Pastikan data di dalam resume dan CV Anda sudah diperbarui, sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Jangan lupa untuk membuat cover letter yang baik. Apabila ada, sertakan juga surat rekomendasi dari atasan anda sebelumnya. Sekarang ini lowongan pekerjaan beredar melalui berbagai media. Beberapa kanal media seperti JobStreet, Urban Hire, Karir dapat menjadi andalan Anda. Namun tidak menutup kemungkinan Anda dapat menemukan lowongan melalui social media dan messanger anda. Seringkali headhunter atau recruiter memanfaatkan media LinkedIn untuk mempekerjakan karyawan. Jangan lupa untuk memperbarui profil LinkedIn Anda dan buatlah profil tersebut menjadi menarik, sehingga dapat menarik perhatian para head hunter. Anda juga dapat memanfaatkan beragam broadcast dari grup chatting yang anda miliki.


amalan international merupakan perusahaan manajemen utang berbasis teknologi pertama di Indonesia yang tercatat di OJK. amalan bekerja untuk peminjam dan bekerja sama mencari solusi terbaik dan terjangkau dengan pemberi pinjaman. Program manajemen utang amalan memanfaatkan teknologi dan data yang sah agar klien amalan bisa keluar dari jerat utang dengan lebih cepat, membayar bunga dan penalti yang lebih rendah. Selain program manajemen utang, amalan juga memiliki solusi refinancing yang mengganti utang lama yang memberatkan menjadi utang baru yang lebih ringan. Kantor amalan indonesia didirikan di Jakarta pada tahun 2015 dan telah berhasil membangun tim yang terdiri dari ahli restrukturisasi dan ahli IT dengan pengalaman puluhan tahun. Sejak Juli 2016, amalan indonesia menjadi perusahaan pertama di Asia yang mendapatkan akreditasi dari International Association of Professional Debt Arbitrators (IAPDA).

Share This