hidup bebas utang

Jika kita bertanya dalam hati, pada dasarnya tidak ada satu pun dari kita yang bercita-cita untuk terjerat utang. Dalam beberapa kondisi tertentu, kita memang tidak bisa bebas dan lepas dari utang. Misalnya saja membeli rumah, membayar biaya pendidikan, atau membuka bisnis.

Sebagian dari kita mungkin tidak punya uang yang cukup jika harus mengadakan semua itu secara “cash keras”. Belum lagi jika kita dihadapkan pada situasi darurat, seperti anggota keluarga sakit atau terkena PHK.

Masalahnya, utang itu mempunyai sifat seperti zat adiktif. Sekali saja Anda mengambil utang, meskipun untuk kondisi-kondisi di atas, hal itu akan menimbulkan keinginan Anda untuk mengambil utang lagi. Untuk utang yang baru ini, biasanya tujuannya sudah menjadi konsumtif. Misalnya berutang untuk beli gadget baru, kendaraan bermotor, fashion, perhiasan, jalan-jalan, kuliner, dll.

Apabila Anda membiarkan hal ini terus terjadi, maka Anda akan “kecanduan utang”. Anda akan menganggap utang sebagai sesuatu yang normal. Untuk mereka yang kecanduannya sudah akut, biasanya akan menganggap utang sebagai sesuatu yang tidak perlu dibayar, marah atau kabur ketika ditagih, sering merasa waswas dan panik, merasa utang lebih baik dibawa mati dan/atau diwariskan kepada anak.

Apabila kecanduan utangnya sudah sampai di level akut seperti ini, rasanya hampir mustahil untuk melepaskan diri dari utang. Padahal, hidup tanpa utang itu menyenangkan. Selain kondisi finansial lebih stabil, bebas dari utang juga bisa membuat hidup kita tenang dan bahagia.

Apa saja yang bisa didapatkan oleh orang yang hidup tanpa utang? Di bawah ini adalah alasan kenapa hidup tanpa utang akan menjadi hal yang menyenangkan.

1. Kondisi Mental Terjaga

utang kondisi mental

Utang ternyata bisa memengaruhi kondisi mental seseorang. Dengan adanya utang, maka hidup Anda akan sering terusik karena bayang-bayang kredit macet dan debt collector. Apalagi jika Anda sudah menunggak pembayaran selama berbulan-bulan.

Hal ini sering menjadi beban pikiran, membuat tidur tidak nyenyak, dan mengurangi kebahagiaan secara menyeluruh. Akan tetapi, ketika Anda hidup tanpa utang, maka Anda tidak perlu merasakan semua gangguan tersebut. Hidup menjadi lebih bebas ketika Anda tidak punya kewajiban yang harus dibayarkan dalam waktu dekat.

Jika kondisi mental terjaga, maka porsi kebahagiaan pun secara tidak langsung akan meningkat secara otomatis. Maka, dengan mental yang baik, tubuh Anda pun akan ikut menjadi lebih sehat dan siap menjalani hidup dengan maksimal.

2. Meringankan Pengeluaran Setiap Bulan

Dengan tidak adanya utang, maka Anda tidak perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar utang. Semua penghasilan yang diterima bisa Anda nikmati secara menyeluruh, baik untuk kebutuhan sehari-hari, ditabung, atau investasi.

Hal-hal yang dulu pernah tertunda ketika masih memiliki utang, kini bisa Anda capai, termasuk juga mimpi dan cita-cita Anda. Hidup bebas utang juga memungkinkan Anda untuk berhemat demi mempertahankan kesehatan finansial. Anda bisa melakukan secara konsisten agar kondisi ini bertahan dalam waktu lama.

3. Bebas dari Bunga

bunga utang

Ketika memiliki utang, nominal yang dibayarkan sampai utang lunas menjadi lebih besar dari pokok utang yang Anda terima. Hal ini disebabkan adanya bunga. Biasanya besaran bunga itu sesuai dengan kebijakan bank. Meski sekilas nominal yang dibayar setiap bulan kecil, namun jika diakumulasikan hingga tenor pembayaran selesai, maka jumlahnya bisa sangat besar.

Jadi, jika saat ini Anda masih punya utang, Anda bisa mencoba berkonsultasi secara gratis terlebih dulu dengan konsultan profesional dan terlatih dari amalan. amalan adalah satu-satunya perusahaan manajemen utang di Indonesia yang tercatat di OJK.

Keahlian kami dalam membantu klien meringankan utang tidak perlu diragukan lagi. Sejak 2016, amalan sudah berhasil menyelesaikan lebih dari 6000 kasus penunggakan utang senilai lebih dari Rp60 milyar. Normalnya, klien amalan mendapatkan keringanan pelunasan sebesar 51%.

Bersama amalan, kondisi finansial Anda berpotensi menjadi lebih baik karena keringanan pelunasan yang Anda terima.

4. Nama Baik Terjaga di OJK

Semua riwayat kredit Anda terekam dengan baik di OJK. Jika dulu Anda pernah mengalami kredit macet, maka nama Anda menjadi kurang baik di data SLIK OJK. Bahkan tidak menutup kemungkinan nama Anda akan di-blacklist. Dengan demikian, Anda akan mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman baru; atau Anda bisa saja mendapatkan pinjaman baru namun bunganya jauh lebih tinggi dari mereka yang tidak punya riwayat kredit.

5. Tidak Menjadi Beban Bagi Orang Lain

Terjerat utang bukan hanya menambah beban hidup bagi diri sendiri, namun juga bisa menjadi beban orang lain. Misalnya, ketika Anda memiliki utang dan tidak sanggup membayarnya, maka keluarga dan orang terdekat ikut cemas memikirkan masalah tersebut. Padahal seharusnya utang ini menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya. Dengan hidup bebas dari jerat utang, maka kondisi tersebut tidak akan terjadi.

6. Masa Depan Keuangan Lebih Baik

bebas utang

Apabila Anda selama ini menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar utang, maka dengan hidup bebas utang, Anda bisa meneruskan kebiasaan tersebut untuk target alokasi yang berbeda. Misalnya saja menabung, investasi, asuransi, atau dana darurat. Dengan pengalokasian instrumen yang tepat, maka masa depan keuangan Anda akan senantiasa berkembang dan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Penutup

Jika Anda sedang memiliki utang kartu kredit/KTA yang tertunggak dan mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban, Anda tidak perlu cemas atau takut tidak mampu melunasi utang tersebut. amalan dapat membantu Anda mendapatkan keringanan utang dari bank sehingga Anda bisa lebih mampu membayar.

Umumnya ada tiga jenis keringanan yang bisa didapatkan, yaitu 1) potongan atas kredit yang dimiliki, 2) potongan dengan cicilan yang diperpanjang, atau 3) gabungan keduanya. 

amalan bekerja untuk Anda dan bekerja sama mencari solusi terbaik dan terjangkau dengan kreditur. amalan mengembangkan solusi yang mempertimbangkan semua pinjaman, semua sumber penghasilan, dan semua aset agar Anda bisa lepas dari jerat utang dengan lebih cepat, membayar bunga dan penalti yang lebih rendah.

Selain program manajemen utang, amalan juga memiliki opsi refinancing yang mengganti utang lama yang memberatkan menjadi utang baru yang lebih ringan. Bantuan dari amalan ini diharapkan dapat memberi awal baru bagi Anda dan keluarga sehingga bisa membangun masa depan finansial yang lebih baik.

Share This