Ingin tahu solusi terbaik untuk menyelesaikan utang pinjaman online (pinjol)? Memahami strategi yang tepat untuk melunasi utang pinjol adalah langkah penting agar keuangan Anda kembali stabil. Dengan begitu, Anda dapat menghindari akumulasi bunga yang terus bertambah dan membebani keuangan Anda. Berikut ini adalah 7 solusi efektif untuk menyelesaikan utang pinjol.

7 Solusi Efektif Menyelesaikan Utang Pinjaman Online Pinjol

1. Prioritaskan Utang dengan Bunga Besar dan Tenor Singkat

Jika Anda memiliki beberapa utang pinjol, sebaiknya utang dengan bunga tertinggi atau tenor terpendek menjadi prioritas pertama untuk dilunasi. Dengan melunasi utang ini terlebih dahulu, Anda akan terhindar dari penumpukan bunga yang terus bertambah dan denda setelah jatuh tempo.

2. Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga

Salah satu solusi menyelesaikan utang pinjol adalah dengan memanfaatkan pinjaman tanpa bunga. Anda bisa mencari bantuan pinjaman dari anggota keluarga, sahabat, atau perusahaan tempat Anda bekerja. Setelah berhasil melunasi utang pinjol, fokuslah pada pelunasan pinjaman tanpa bunga hingga tuntas.

3. Gunakan Sebagian Tabungan

Tabungan Anda bisa digunakan untuk melunasi utang pinjol, terutama jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan lainnya. Menggunakan sebagian tabungan untuk melunasi utang online akan mencegah total pinjaman berlipat ganda. Setelah melunasi utang, Anda dapat memulai mengumpulkan uang kembali untuk menambah tabungan.

4. Minta Bantuan dari Anggota Keluarga Lainnya

Jika utang pinjol Anda untuk kepentingan keluarga, misalnya biaya perawatan orangtua yang sakit atau anggota keluarga yang membutuhkan perawatan intensif pasca-kecelakaan, mintalah bantuan dari anggota keluarga lainnya. Melunasi utang secara kolektif bersama keluarga besar akan meringankan beban Anda.

5. Jual Aset

Jika Anda memiliki aset investasi yang tidak dapat dijual dengan cepat, pengajuan pinjaman online dapat menjadi solusi instan untuk mendapatkan dana tunai. Namun, Anda juga dapat melunasi utang pinjol dengan menjual aset investasi, seperti rumah, tanah, atau emas. Selain itu, mencairkan deposito juga bisa menjadi pilihan untuk melunasi utang online tepat waktu tanpa menimbulkan bunga dan denda berlipat.

6. Lakukan Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Menjalankan pekerjaan atau bisnis sampingan dapat membantu Anda melunasi utang pinjol. Terkadang, penghasilan rutin Anda tidak cukup untuk melunasi utang. Dengan memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan, Anda dapat meningkatkan penghasilan bulanan yang dapat digunakan untuk melunasi utang tepat waktu. Pilihlah pekerjaan atau bisnis sampingan yang sesuai minat Anda agar Anda merasa nyaman dan produktif dalam melakukannya.

7. Pakai Jasa Manajemen Utang Profesional

Perusahaan manajemen utang yang profesional dan tercatat di OJK dapat membantu Anda dalam meringankan pelunasan pinjaman online. Perusahaan manajemen utang bekerja dengan Anda dan kreditur untuk meringankan pembayaran pinjaman secara signifikan, melalui potongan atau penghapusan bunga, pengurangan jumlah pokok pinjaman, menghilangkan denda dan biaya lainnya, atau memperpanjang jangka waktu pembayaran dengan bunga yang lebih rendah.

amalan adalah satu-satunya perusahaan manajemen utang yang tercatat di OJK dan telah dipercaya oleh ribuan klien. Biasanya, klien amalan mendapatkan potongan 50% untuk pelunasan pinjaman.

Selain membantu pelunasan pinjaman, amalan juga memberikan perlindungan kepada klien dari praktik penagihan yang tidak beretika oleh debt collector pinjaman online. Layanan perlindungan ini disebut amalanProtect, dan memiliki rekam jejak 100% dalam menghentikan penagihan tak beretika. Terdapat juga layanan amalanProtect Hotline Handling di mana klien dapat meneruskan panggilan penagihan dari debt collector pinjol kepada konsultan Amalan.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan dukungan profesional dari konsultan yang terlatih dalam manajemen utang dan pengelolaan keuangan. Anda dapat memperoleh saran dan solusi terbaik untuk setiap masalah utang yang Anda hadapi tanpa biaya tambahan (gratis).

Bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan atau bisnis, amalan juga menyediakan layanan Secretary Service yang akan mengurus segala bentuk komunikasi perbankan Anda dengan bank dan penagih utang. Mereka dapat menjawab telepon dan pesan WhatsApp, serta menerima surat tagihan untuk Anda.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat menyelesaikan utang pinjol secara efektif dan memulihkan kondisi keuangan Anda. Pastikan Anda mengatur keuangan dengan baik agar tidak terjebak dalam utang yang lebih besar di masa depan.

Share This