Merencanakan pelunasan utang bukanlah hal mudah bagi sebagian orang, apalagi di tengah gejolak ekonomi seperti saat ini. Maka pentingnya memiliki mindset yang tepat dalam merencanakan pelunasan utang tidak dapat diremehkan. Berbagai kisah sukses klien amalan yang berhasil melunasi utangnya seringkali bermula dari cara pandang yang benar terhadap uang dan utang.

mindset utang

Agar sukses dalam melunasi utang, Anda perlu menanamkan pola pikir berikut ini.

1. Tidak Ikut-ikutan Goals Orang Lain

Tetangga baru liburan dari luar negeri? Teman seumuran sudah punya rumah sendiri sementara Anda belum? Atau salah seorang kerabat baru menambah koleksi mobil baru dan barang-barang branded?

Semua orang memiliki penghasilan yang berbeda, begitu pula dengan cara mengelolanya. Bandingkan diri Anda dengan diri sendiri di masa lalu saja, karena kondisi finansial tiap orang berbeda-beda.

2. Belajar Berproses dan Berprogres

Hitung kekayaan bersih setiap tahun sebagai cara untuk mengukur kesuksesan Anda. Kurangi penghasilan yang Anda terima dan total aset dengan total utang dan bandingkan nilai tersebut dari tahun ke tahun. Mana yang semakin besar nilainya? Penghasilan dan total asetnya atau total utangnya?

Jika total utang yang semakin membesar, itu adalah tanda Anda harus segera fokus membereskan utang-utang tersebut. Jadikan itu goal utama Anda hingga semua utang lunas.

3. Berpikir Jauh ke Masa Depan

Utang belasan atau puluhan juta tidak mungkin lunas dalam satu malam. Itu sebabnya menjaga fokus pada tujuan jangka panjang adalah kuncinya. Di sini butuh ketekunan dan disiplin. Hal ini memang tidak mudah, tetapi sudah pasti akan membuahkan hasil dan manfaatnya akan sangat terasa.

Anggap saja melunasi utang itu sama dengan diet atau skincare, hasilnya tidak bisa langsung kelihatan karena butuh usaha jangka panjang. Jadi, jangan mengharapkan hasil yang cepat & instan.

Melunasi utang juga mirip seperti lomba lari marathon. Di tengah jalan orang lain mungkin menyalip Anda dan terlihat seperti akan memenangkan lomba, tapi Anda harus ingat bahwa garis finish masih jauh dan orang yang terlalu ngebut di awal justru akan kehabisan nafas ketika garis finish sudah dekat.

Itulah pentingnya perencanaan pelunasan utang, tahapan untuk membuatnya hingga mindset yang perlu tertanam dalam diri kita. Mulailah berpikir ke arah strategi pelunasan yang spesifik.
Apabila Anda bergabung dengan amalan, beban pelunasan utang Anda akan jauh lebih ringan dan konsultan kami dapat membantu memantau perkembangan pelunasan utang Anda, apakah masih on track atau tidak. Tersedia konsultasi gratis di setiap hari dan jam kerja dengan klik di sini.

Share This