membantu utang tanpa uang

Teman Anda ingin melunasi utang tapi tidak punya uang? Lalu dia meminta bantuan Anda. Apa yang harus Anda lakukan?

Jika Anda kebetulan mengetahui seorang teman, anggota keluarga, atau orang terdekat Anda terlilit utang, mungkin naluri pertama Anda adalah membantu mereka dengan cara memberi uang. Tetapi cara tersebut hanya sedikit membantu, dan tidak cukup untuk menyelesaikan masalah utang secara jangka panjang.

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu seseorang yang terlilit utang tanpa harus mengeluarkan uang. Selain menyelesaikan masalah utang, 3 cara ini juga akan mengubah kondisi finansial orang tersebut menjadi lebih baik.

Cara Mengetahui Orang yang Terlilit Utang

Situasinya akan jauh lebih baik jika teman, anggota keluarga, atau orang terdekat Anda bercerita langsung dan terbuka mengenai kondisi utangnya. Tetapi umumnya, orang yang terlilit utang tidak akan bercerita karena menganggap utang adalah aib yang tidak pantas untuk dibicarakan.

Meskipun demikian, masih ada ciri-ciri untuk mengetahui apakah seseorang terlilit utang atau tidak. Jika ada banyak ciri-ciri di bawah ini Anda temukan pada seseorang, maka orang tersebut kemungkinan besar sedang terlilit utang.

  1. Sering meminjam uang tapi tidak mengembalikan
  2. Tidak malu untuk meminjam uang pada orang yang baru dikenal
  3. Tidak malu untuk meminjam uang meski belum melunasi utang yang lama
  4. Tertutup atau sensitif apabila membahas uang maupun utang
  5. Terlihat stress meskipun di hari gajian
  6. Mengalami perubahan sifat menjadi lebih pendiam, suka menyendiri, atau marah
  7. Suka menghayal durian runtuh / rejeki nomplok
  8. Forsir tenaga untuk ambil pekerjaan tambahan, atau usaha sampingan guna tambah penghasilan

Cara Membantu Orang yang Terlilit Utang Tanpa Keluar Uang

1. Bersikap peka & jangan menghakimi

jangan menghakimi

Tidak semua orang suka ditembak dengan pertanyaan “apakah kamu terlilit utang?” Sebagian justru akan tersinggung dan menghindari Anda.

Untuk orang yang mengalami perubahan sifat, seperti menjadi mudah stress, pendiam dan penyendiri, Anda bisa memulainya dengan “Akhir-akhir ini kamu tidak seperti biasanya. Apakah kamu sedang ada masalah? Apakah masalah kamu berkaitan dengan keuangan?

Tidak ada jaminan orang tersebut akan langsung terbuka mengenai masalah utangnya pada Anda. Tapi itu adalah awal yang bagus, dan Anda bisa mencari celah dari situ atau mencobanya kembali di lain waktu.

Satu hal yang penting, orang yang sedang terlilit utang tidak membutuhkan penghakiman dari Anda. Jadi, jangan menghakimi bahwa apa yang sudah dia lakukan itu salah. Lebih baik Anda menjadi pendengar yang baik ketika orang tersebut sudah mulai terbuka mengenai masalah utangnya.

Selain itu, mayoritas orang yang terlilit utang tidak ingin orang lain mengetahui kondisinya. Jadi, jagalah rahasia mereka dengan baik. Jika Anda yang sedang terlilit utang, Anda mungkin juga tidak ingin semua orang tahu masalah utang Anda.

2. Membantu menyusun anggaran

budgeting

Umumnya, orang yang terlilit utang tidak punya perencanaan, anggaran, dan catatan keuangan yang baik. Akibatnya, mereka tidak tahu ke mana penghasilan mereka pergi, berapa utang yang mereka punya, atau berapa lama lagi utang mereka akan lunas.

Selain itu, meskipun seseorang sudah punya anggaran dan catatan keuangan, tapi tidak sedikit yang tidak bisa disiplin dalam mematuhi anggaran yang sudah ditetapkan atau mencatat cash flow yang masuk dan keluar. Hal ini sering terjadi untuk pengeluaran yang bersifat impulsif dan konsumtif.

Anda bisa mengajari mereka cara membuat perencanaan keuangan, menyusun anggaran, dan mencatat arus kas yang masuk dan keluar. Ada berbagai macam tips dan tutorial yang bisa Anda temukan di internet.

Selain itu, Anda juga bisa mengingatkan mereka untuk disiplin pada rencana dan anggaran yang sudah dibuat. Apabila hubungan Anda dengan orang tersebut cukup dekat, Anda bisa sesekali mengecek catatan keuangan harian mereka dan sedikit lebih bawel agar mereka tetap berada di jalur yang benar.

Anda juga bisa membantu mereka untuk menolak ajakan-ajakan yang bersifat konsumtif dan kurang perlu, seperti berwisata, shopping, atau makan-makan di pusat perbelanjaan. Apabila kebutuhan untuk bersenang-senang sudah tidak bisa dibendung lagi, Anda bisa mencari ide-ide alternatif lainnya yang bisa lebih menghemat pengeluaran.

3 Cara Membantu Orang yang Terlilit Utang Tanpa Memberi Uang_Temukan Jalan Menuju Bebas Masalah Utang

3. Mengarahkan mereka untuk mendapatkan bantuan profesional

amalan adalah

Apabila Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan 2 hal di atas, Anda bisa mengarahkan mereka untuk mendapatkan bantuan profesional. Sebabnya, utang adalah sesuatu yang rumit dan tidak bisa diselesaikan dengan hanya memberikan uang untuk menutupi sebagian utang saja. 

Bantuan profesional yang dimaksud adalah bantuan perusahaan manajemen utang resmi yang dapat meringankan pelunasan utang orang terdekat Anda. 

Perusahaan manajemen utang bekerja dengan klien dan kreditur untuk meringankan pelunasan utang secara signifikan, baik melalui potongan/penghapusan bunga, potongan pada pokok utang, potongan/penghapusan denda & biaya lainnya, perpanjangan angsuran dengan bunga lebih rendah, dll.

Ketika semua pihak yang terlibat telah mencapai kesepakatan, maka klien (dalam hal ini, orang terdekat Anda) dapat melunasi utangnya dengan nominal lebih rendah dari total tagihan utang. amalan adalah satu-satunya perusahaan manajemen utang yang tercatat di OJK dan telah dipercaya oleh ribuan klien. Normalnya, klien amalan mendapatkan potongan 50% untuk pelunasan utang.

Selain keringanan pelunasan, amalan juga memberikan perlindungan kepada klien dari penagihan tak beretika yang dilakukan debt collector. Layanan perlindungan ini bernama amalanProtect, dan mempunyai rekor 100% keberhasilan dalam menghentikan penagihan yang tak beretika. Terdapat pula layanan amalanProtect Hotline Handling di mana klien dapat menyambungkan penagihan telepon dari debt collector kepada konsultan amalan.

Selain itu, masih ada lagi dukungan profesional dari konsultan yang sudah terlatih dalam manajemen utang dan pengelolaan keuangan. Orang terdekat Anda bisa mendapatkan saran dan solusi terbaik untuk setiap masalah utang yang dihadapi tanpa biaya tambahan (alias gratis).

Bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan atau bisnis, amalan juga mempunyai layanan Secretary Service yang akan menangani segala bentuk komunikasi perbankan orang terdekat Anda dengan bank dan debt collector. Kami dapat menjawab telepon dan WhatsApp, serta menerima surat/laporan tagihan untuk klien kami.

Penutup

Jika orang terdekat Anda terlilit utang, maka ada 3 cara selain memberikan sejumlah uang. Terlilit utang biasanya disebabkan oleh pengelolaan keuangan yang kurang baik, atau hal-hal yang bersifat force majeurs seperti kehilangan pekerjaan, tulang punggung keluarga meninggal, anggota keluarga sakit keras, krisis atau resesi ekonomi, dll.

3 cara di atas adalah tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan apabila Anda ingin membantu orang terdekat untuk keluar dari jerat utang. Bersama amalan, orang terdekat Anda akan dapat melunasi utang dengan nominal yang lebih rendah, belajar pengelolaan keuangan yang baik guna membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan.

Share This